Selain vitamin, pasien Covid-19 isolasi mandiri (isoman) disarankan makan banyak buah untuk memenuhi kebutuhan gizi harian. Tidak hanya buah import, buah-buahan lokal juga baik untuk pasien Covid-19. Berikut beberapa buah lokal yang baik untuk pasien Covid-19 isoman.

Anda yang ingin mengirimkan bingkisan untuk kerabat yang sedang terkena Covid-19 sebaiknya memilih parsel berisi buah-buahan. Sebab buah segar mengandung banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan pasien Covid-19.

Tidak perlu bingung memilih antara buah lokal atau impor. Buah-buahan lokal juga banyak mengandung vitamin C yang dibutuhkan pasien Covid-19 agar lekas sembuh.

Selain vitamin C, buah lokal juga cenderung kaya akan antioksidan yang membantu proses degenerasi sel. Makan buah lokal berarti juga membantu menjaga kesehatan.

“Rata-rata buah lokal tinggi vitamin C, polifenol, dan beberapa mineral seperti kalsium, magnesium, dan zat besi [zinc],” kata ahli kesehatan masyarakat, dokter Tan Shot Yen saat dihubungi CNNIndonesia.com, Selasa (13/7).

Sebenarnya setiap buah lokal sama baiknya. Anjuran untuk mengkonsumsi buah ditujukan agar pasien Covid-19 bisa mendapatkan vitamin dan mineral untuk pembentukan sistem imun.

Namun ketika Covid-19, kebanyakan orang akan memilih buah yang kaya vitamin C seperti jeruk, mangga, semangka, dan pepaya. Tapi ada beberapa buah lokal lainnya yang juga mengandung vitamin C. Berikut beberapa di antaranya.

1. Jambu biji

Jika mencari kandungan vitamin C tertinggi pada buah, jambu biji sudah harus masuk pilihan Anda. Pasalnya, jambu biji memiliki kandungan vitamin C lebih tinggi dari jeruk.

Melansir Hello Sehat, satu buah jambu biji ukuran sedang mengandung lebih dari 200 miligram vitamin C. Kandungan ini sudah melebihi angka kebutuhan vitamin C harian pada orang sehat yakni 75-90 miligram per hari. Pasien Covid-19 isoman mungkin butuh lebih banyak vitamin C untuk membantu kesembuhan.

Diet dengan konsumsi buah nanas disebut dapat bantu menurunkan berat badan dalam tiga hari. Bagaimana caranya? (Thinkstock/olgakr)

2. Nanas

Nanas, salah satu buah lokal yang tumbuh di negara tropis ini juga mengandung banyak vitamin C. Sepotong besar nanas diketahui memiliki kandungan sekitar 79,3 milligram vitamin C.

Selain itu, nanas juga mengandung enzim bromelain yang membantu memecah protein dalam makanan dan mengurangi kembung.

3. Rambutan
Buah musiman satu ini cukup populer di masyarakat Indonesia. Rambutan terasa segar dan nikmat ketika dimakan. Tidak hanya lezat, rambutan juga mengandung vitamin C.

Selain vitamin C, rambutan juga mengandung zat besi, kalium, tembaga, dan vitamin B2.

4. Manggis

Rasanya manis dan asam, berwarna putih, berair, dan menyegarkan. Manggis juga populer di beberapa daerah. Tidak hanya nikmat dan segar, manggis juga mengandung vitamin C yang baik untuk tubuh.

Melansir Alodokter, buah manggis mengandung vitamin C, vitamin B2, folat, magnesium dan xanthones uang bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Buah manggis juga disebut bisa mencegah penyakit kanker.

5. Belimbing
Buah berwarna kuning ini dikenal juga dengan nama star fruit karena bentuknya yang menyerupai bintang setelah diiris. Buah belimbing bisa jadi cemilan sehat bagi siapa pun karena memiliki kalori yang kecil.

Bagi pasien Covid-19 isolasi mandiri, buah lokal ini juga baik dikonsumsi untuk membantu meningkatkan asupan vitamin C dalam tubuh.

“Belimbing ada flavonoid dan fenol, kaya antioksidan yang baik untuk mencegah kerusakan sel,” kata Tan Shot Yen.

Editor: Nul

Sumber: cnnindonesia