Rumah merupakan salah satu titik lengah penyebaran Covid-19. Ada beberapa langkah yang yang perlu dilakukan agar tidak memperluas penularan dalam keluarga saat ada yang terinfeksi Covid-19 dan menjalani isolasi mandiri

Untuk isolasi mandiri, terdapat sejumlah persyaratan yakni untuk yang tidak bergejala dan gejala ringan. Tanda gejala ringan adalah tidak ada peradangan paru sampai menurunkan saturasi oksigen.

Selain itu, sebaiknya yang menjalani isolasi mandiri bukan lansia atau yang memiliki penyakit penyerta atau komorbid. Dan salah satu yang utama, rumah memadai untuk isolasi mandiri.

“Namun situasi saat ini banyak rumah sakit yang penuh, bahkan di rumah sakit diminta pulang lagi yang dianggap bisa isoman, itu rentan sekali timbulnya klaster keluarga,” kata dokter spesialis penyakit dalam RA. Adaninggar, saat dihubungi beberapa waktu lalu..

Selain ruangan terpisah, protokol kesehatan ketat juga harus tetap dilakukan.

“Jadi ya tetap, orang yang sakit harus mengontrol diri. Kalau rumahnya terbatas, dia yang harus super hati-hati. Harus pakai masker 24 jam, harus bisa menjaga jarak dengan keluarganya, misal yang paling sulit dengan anak, dia harus tetap lakukan, enggak boleh kontak fisik,” ujar Adaning.

Di samping itu, demi mengurangi risiko munculnya klaster keluarga, ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan, salah satunya dalam hal penggunaan kamar mandi.

Berikut panduan mencuci pakaian saat ada orang satu rumah yang positif Covid-19.

1. Beri jeda waktu penggunaan kamar mandi

Untuk rumah yang hanya memiliki satu kamar mandi untuk dipakai bersama, Adaning menyarankan saat dipakai bergantian baiknya diberi jeda beberapa jam.

“Kalau kamar mandi ada ventilasi, pas jeda itu ventilasi dibuka. Lalu diberi jeda 2-3 jam kalau bisa, kalau enggak, satu jam tapi pintu sama jendelanya dibuka,” katanya.

Jeda waktu ini dilakukan agar ada pertukaran udara demi mengurangi penularan Covid-19.

2. Bersihkan permukaan

Selain jeda waktu, orang yang sakit Covid-19 juga perlu membersihkan permukaan yang sering dia sentuh setelah selesai menggunakan kamar mandi.

Di antaranya seperti gagang pintu, saklar lampu, flush toilet dan sebagainya.

“Itu bisa disemprot disinfektan atau kasih alkohol. Lebih ribet memang tapi yang penting ventilasi udara untuk mengurangi penularan,” tambah Adaning.

Pastikan untuk tetap memakai masker saat ke luar dari kamar mandi, cuci tangan, dan menggunakan handuk terpisah dari anggota keluarga yang lain.

Editor : Aron
Sumber : cnnindonesia