Olahraga bisa dilakukan pada pagi, siang, sore, hingga malam hari. Namun, studi mendapati sejumlah jam olahraga yang baik untuk diet.(Foto: Istockphoto/ Drazen Zigic)

Mengontrol makanan dan berolahraga teratur merupakan kunci diet yang sehat. Setiap orang dianjurkan berolahraga setiap hari untuk menurunkan berat badan dengan optimal.

Berolahraga dapat dilakukan kapan saja mulai dari pagi, siang, sore, hingga malam hari. Namun, waktu-waktu tertentu dapat memberikan efek yang lebih baik dalam menurunkan berat badan. Sejumlah penelitian menemukan jam olahraga yang baik untuk diet.

Sebuah studi menunjukkan jam olahraga yang baik untuk diet adalah di pagi hari. Berolahraga di pagi hari dapat meningkatkan metabolisme, sehingga dapat membantu terus membakar kalori sepanjang hari.

Studi yang dipublikasikan di Medicine and Science in Sports and Exercise mendapati perempuan yang berjalan cepat selama 45 menit di pagi hari dapat mengontrol makanan di siang hari.

Mereka tidak terganggu dengan makanan-makanan yang tampak lezat dan menggiurkan. Berolahraga di pagi hari juga membuat mereka lebih aktif secara fisik.

Studi juga mendapati berolahraga di pagi hari dapat membuat tidur lebih nyenyak dibandingkan berolahraga di malam hari atau mendekati waktu tidur. Tidur yang cukup dan berkualitas juga berperan penting dalam menurunkan berat badan.

Pada penelitian lain, jam olahraga yang baik untuk diet adalah pada sore hari. Laporan Healthline menunjukkan kemampuan tubuh berada pada puncaknya di sore hari.

Mulai dari pukul 14.00 hingga 18.00, suhu tubuh berada pada titik tertinggi. Suhu tubuh meningkatkan dapat meningkatkan fungsi dan kekuatan otot. Artinya, pada waktu ini tubuh siap untuk berolahraga

Detak jantung dan tekanan darah juga umumnya paling rendah pada sore dan malam hari. Kondisi ini meningkatkan kinerja olahraga untuk menurunkan berat badan dan mengurangi kemungkinan cedera.

Oleh karena itu, Anda dapat memilih jam olahraga yang baik untuk diet pada pagi atau sore hari. Hindari berolahraga terlalu dekat dengan waktu tidur karena dapat membuat sulit tidur.

Editor : Aron
Sumber : cnnindonesia