Tak perlu repot-repot mencari makanan untuk menurunkan berat badan. Sejumlah makanan Indonesia cocok dikonsumsi saat diet. (Foto: Dok.thinkstockphotos/Witthaya)

Tak perlu repot-repot mencari makanan untuk menurunkan berat badan. Sejumlah makanan Indonesia cocok dikonsumsi saat diet.

Pilihlah makanan Indonesia yang diolah dengan baik, rendah kalori, dan kaya nutrisi. Hindari mengonsumsi makanan Indonesia yang berminyak dan bersantan karena tinggi kalori sehingga dapat membuat diet gagal.

Berikut makanan Indonesia yang cocok untuk diet.

1. Ikan bakar

Olahan ikan bakar baik dikonsumsi saat diet. Ikan bakar rendah kalori dan juga mengandung nutrisi yang tinggi, terutama ikan berlemak karena kaya protein dan omega-3.

Ikan kembung berukuran 80 gram mengandung sekitar 80 kalori.

2. Pepes ikan

Selain ikan bakar, pepes ikan juga cocok dikonsumsi saat diet. Rempah pada pepes ikan seperti kunyit menambah kandungan gizi dalam ikan.

Pepes ikan kembung berukuran 100 gram mengandung 167 kalori. Selain rendah kalori, kalsium pada ikan kembung juga membantu menyehatkan tulang.

3. Pepes Tahu

Pepes tahu mengandung vitamin, asam amino, fosfor, kalsium, dan nutrisi lain yang baik untuk untuk tubuh saat diet.

Satu pepes tahun mengandung sekitar 63 kalori.

4. Pepes Tempe

Olahan kacang kedelai lainnya yang dapat dimakan saat diet adalah pepes tempe. Tempe kaya akan protein dan mineral.

Selain kaya nutrisi, proses pembuatan tempe yang dilakukan dengan cara fermentasi membuat tempe memiliki kandungan prebiotik. Setiap 100 gram pepes tempe memuat 75 kalori.

5. Gado-gado

Gado-gado adalah campuran sayuran matang yang sudah direbus seperti labu, kangkung, kacang panjang, tahu, tempe, kentang, telur. Perpaduan sayuran dan protein pada gado-gado membuat makanan ini baik dikonsumsi saat diet.

Gado-gado memiliki 132 kalori per 100 gram.

6. Tongkol Asam Padeh

Makanan Indonesia yang cocok untuk diet berikutnya yaitu tongkol asam padeh. Makanan ini berasal dari ranah Minang.

7. Sayur Nangka

Sayur nangka juga baik dimakan saat diet. Serat pada nangka dapat memperlancar pencernaan. Nangka juga dapat memberi efek kenyang lebih lama.

Kadar sodium yang rendah pada nangka dapat membantu menurunkan berat badan. Olahan sayur nangka hanya mengandung 66 kalori per 100 gram.

8. Karedok

Jika gado-gado berisi sayuran yang sudah direbus, karedok terdiri dari sayuran mentah seperti timun, taoge, kol, kacang panjang, kemangi, terong dengan siraman bumbu kacang.

Makan karedok saat diet tidak akan membuat Anda gemuk selagi tidak berlebihan. Per 100 gram porsi karedok mengandung 125 kalori

Itulah 8 makanan Indonesia yang cocok untuk diet. Masukkan menu-menu ini dalam asupan harian Anda saat diet.

Editor : Aron
Sumber : cnnindonesia