Federico Chiesa tampil apik bersama Italia di Euro 2020. (Pool via REUTERS/FRANK AUGSTEIN)

Gelaran Euro 2020 (Euro 2021) telah rampung dengan memunculkan beberapa nama pemain yang mengundang decak kagum berkat performa di lapangan bersama negara masing-masing.

Salah satu pemain yang paling menonjol performanya adalah Federico Chiesa. Winger timnas Italia itu berhasil membuat Inggris kerepotan di final Euro 2020 yang bisa dimenangi Gli Azzurri lewat adu penalti 3-2 (1-1).

Selain Chiesa, beberapa pemain lain seperti anak muda dari Denmark, Mikkel Damsgaard hingga bek sayap Belanda, Denzel Dumfries juga tak kalah apik penampilannya  di Euro 2020.

Berikut tujuh pemain bintang Euro 2020 yang kini jadi buruan klub-klub top:

Federico Chiesa

Chiesa menjalani Euro 2020 yang mengesankan. Chiesa muncul sebagai pemain kunci Italia meski di awal turnamen hanya duduk di bangku cadangan.

Chiesa terus dipercaya Roberto Mancini bermain sebagai starter di fase gugur. Secara keseluruhan, Chiesa bermain di semua pertandingan dengan mencetak dua gol.

Penampilan apik Chiesa membuat Bayern Munchen dan Liverpool dikabarkan tertarik untuk merekrutnya. Namun, Juventus tidak memiliki rencana untuk melepas bintang mereka itu.

Mikkel Damsgaard

Damsgaard semula bukan sosok yang diperhitungkan di skuad Denmark. Pemain Sampdoria itu hanya berstatus pemain cadangan karena di lini tengah tim Dinamit sudah terdapa nama Christian Eriksen.

Namun, musibah yang menimpa Eriksen mengubah peruntungan Damsgaard di Euro 2020. Gelandang berusia 21 itu dimainkan sebagai starter dan ia menunjukkan performa yang mengesankan.

Sepak terjang Damsgaard di Euro 2020 membuat klub-klub besar seperti Barcelona dan Juventus tertarik untuk mendapatkan tanda tangannya.

Giovanni Di Lorenzo

Di Lorenzo jadi salah satu kunci di balik solidnya pertahanan Italia di Euro 2020. Pemain Napoli ini bisa mengimbangi penampilan dua pemain senior, Leonardo Bonucci dan Giorgio Chiellini.

Di Lorenzo memang tidak seofensif Leonardo Spinazzola dan Emerson Palmieri. Namun, kemampuannya dalam bertahan membuat pertahanan Gli Azzurri tetap seimbang.

Di Lorenzo belakangan diminati oleh Manchester United. Ia disiapkan sebagai kompetitor Aaron Wan-Bissaka di sisi kanan pertahanan The Red Devils.

Renato Sanches

Sanches terus dikaitkan dengan Liverpool. The Reds memburu gelandang Portugal itu karena dianggap cocok sebagai pengganti Georginio Wijnaldum yang pergi secara gratis ke Paris Saint-Germain.

Liverpool tertarik karena performa yang ditunjukkan Sanches dalam satu tahun terakhir. Ia berhasil mengantar Lille juara Ligue 1 dan bermain impresif bersama Portugal di Euro 2020.

Meski langkah Portugal terhenti di 16 besar, nama Sanches tetap harum. Agresivitasnya di lini tengah begitu terasa dalam permainan Portugal.

Kane berhasil membuktikan ketajaman di depan gawang lawan meski Inggris gagal jadi juara Euro 2020. Torehan empat gol ke gawang lawan menjadi buktinya.

Penampilan apiknya itu jelas membuat klub-klub top Eropa semakin ngebet meminangnya. Sejauh ini, hanya Man City yang disebut berminat pada Kane.

Namun, Tottenham Hotspur membanderol Kane dengan harga tinggi yakni 150 juta poundsterling.

Granit Xhaka

Xhaka menjalani Euro 2020 yang menyenangkan. Gelandang Arsenal itu berhasil mengantarkan Swiss lolos hingga perempat final Euro 2020.

Xhaka memiliki peran sentral buat Swiss di turnamen ini. Performanya saat Swiss menyingkirkan Prancis di 16 besar juga menuai banyak pujian.

Saat ini, Xhaka dikabarkan sedang menuju pintu keluar Arsenal. AS Roma yang diarsiteki Jose Mourinho jadi klub yang paling serius ingin mendatangkan Xhaka.

Denzel Dumfries

Dumfries layak disebut sebagai salah satu bintang Belanda di Euro 2020. Meski berposisi sebagai wing back, Dumfries mampu memberikan warna yang berbeda dalam permainan Belanda.

Dumfries memberi kontribusi besar dengan dua gol di Euro 2020. Dumfries kini diminati oleh Everton dan juara Liga Italia, Inter Milan yang baru saja ditinggal Achraf Hakimi.

Editor : Aron
Sumber : cnnindonesia