Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Kantor Stasiun Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamana Hasil Perikanan (SKIPM) Batam menyerahkan bantuan ikan sehat bermutu kepada masyarakat perikanan, panti asuhan dan masyarakat terdampak pandemi Covid-19 di kota Batam.

Bulan Mutu Karantina dilaksanakan setiap tahun, dari bulan April sampai Juli. Tahun 2021 ini mengambil tema “Ikan Sehat Bermutu untuk Mendukung Pemenuhan Protein Masyarakat”.

Agung Kepala Stasiun Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamana Hasil
Perikanan Batam menjelaskan bahwa tujuan dari penyerahan bantuan ikan sehat bermutu dalam Bulan Mutu Karantina tahun 2021 ini.

Diantaranya memberikan edukasi dan meningkatkan kesadaran masyarakat dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19, melalui konsumsi ikan sebagai makanan bergizi mendukung pemenuhan protein masyarakat untuk memperkuat imunitas tubuh.

“Kandungan nutrisi pada ikan seperti seng, asam lemak omega 3, DHA, Vitamin A, D, B6 dan B12 pada ikan dapat menguatkan sistem kekebalan tubuh dalam menangkal pathogen asing termasuk virus,” jelasnya, Jumat (9/7/2021).

Selain itu, kegiatan ini diharapkan juga dapat menumbuhkan sikap empati dan berbagi kepada masyarakat perikanan dan masyarakat umum yang terdampak Covid-19.

“Membangun sinergi dan partisipasi masyarakat beserta pemangku kepentingan untuk bersama-sama melawan Covid-19 melalui gerakan makan ikan,” ungkapnya.

Adapun jumlah paket bantuan yang diserahkan sebanyak 2.200 Kg Ikan Beku, 2.200 kaleng ikan sarden dan 1.100 bungkus bakso ikan yang kemudian dikemas dalam 1.100 paket.

Paket kemudian didistribusikan kepada masyarakat perikanan, panti asuhan dan masyarakat yang membutuhkan.

Seluruh ikan yang disalurkan, diperoleh langsung dari pelaku usaha perikanan sehingga kegiatan ini diharapkan juga dapat meningkatkan pendapatan pelaku usaha perikanan setempat.

“Semoga dengan adanya penyerahan bantuan ikan sehat bermutu di rangkaian Bulan Mutu Karantina 2021 ini dapat bermanfaat bagi masyarakat penerima khususnya di masa pandemi Covid-19 ini,” harapnya.

Kegiatan Bulan Mutu Karantina ini juga didukung oleh Komisi IV DPR RI dan DPD RI LPKomite II selaku mitra Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Kegiatan Bulan Mutu Karantina tahun 2021 ini berlangsung di dilaksanakan dengan penerapan protokol kesehatan penangan Covid-19 yang ketat.

Editor: WIL