Wasit asal Belanda Bjorn Kuipers dipilih UEFA menjadi wasit final Euro 2020 (Euro 2021) Italia vs Inggris yang akan berlangsung di Stadion Wembley, London, Senin (12/7) dini hari WIB.

Kuipers merupakan wasit terbaik yang dimiliki Belanda saat ini. Mulai terdaftar sebagai wasit FIFA sejak 2016, Kuipers sudah memimpin sejumlah final ajang UEFA.

Dikutip dari situs resmi UEFA, Kuipers memimpin final Liga Europa 2018 Marseille vs Atletico Madrid, final Liga Champions 2014 Real Madrid vs Atletico Mdrid, final Liga Europa 2013 Benfica vs Chelsea serta final Piala Super Eropa 2011 Barcelona vs Porto.

Wasit 48 tahun itu juga menjadi wasit di Euro 2012, Piala Dunia 2014, Euro 2016 dan Piala Dunia 2018 di Rusia. Di Euro 2020, Kuipers sudah memimpin laga Denmark vs Belgia dan Spanyol vs Slovakia di babak grup, serta saat Denmark mengalahkan Republik Ceko di perempat final.

Karier Kuipers juga tidak lepas dari kontroversi. Wasit kelahiran Oldenzaal itu dituduh melontarkan kata-kata kasar ke dua pemain Paris Saint-Germain saat melawan Manchester City di semifinal Liga Champions musim lalu.

Kuipers dituduh mengucapkan kata-kata kasar ke dua pemain PSG, Marco Verratti dan Leandro Paredes, setelah mengusir Angel Di Maria. Kuipers juga terlibat cekcok dengan pelatih PSG Mauricio Pochettino.

“Wasit [Kuipers] bilang ‘persetan kamu’ dua kali. Jika saya melakukan hal itu, maka saya akan dihukum 10 pertandingan,” ucap Verratti ketika itu.

Verratti sendiri akan jadi bagian dari skuad timnas Italia melawan Inggris pada final Euro 2020.

Dua asisten wasit asal Belanda, Sander van Roekel dan Erwin Zeinstra, akan membantu Kuipers memimpin final Euro 2020. Sementara wasit keempat yang dipilih UEFA adalah Carlos Del Cerro Grande asal Spanyol dan Bastian Dankert asal Jerman sebagai wasit VAR.

Editor : Aron
Sumber : cnnindonesia