Diet dengan konsumsi buah nanas disebut dapat bantu menurunkan berat badan dalam tiga hari. Bagaimana caranya? (Thinkstock/olgakr)

Kenaikan berat badan jadi sorotan akhir-akhir ini. Ini bukan hal aneh sebab Anda mungkin jadi kurang aktivitas fisik, lebih banyak duduk di depan monitor dan rajin jajan via ojek daring saat PPKM Darurat. Kemudian, apa jurus jitu untuk memangkas timbunan lemak di tubuh?

Anda bisa mencoba diet nanas seperti yang dilakukan oleh pemilik akun TikTok, @catcasas_. Lewat sebuah video, ia memberitahukan pada sekitar 100 ribu pengikutnya bahwa dirinya mampu memangkas atau menurunkan berat badan sekitar 4,5 kilogram (10 pounds) dalam 3 hari.

Tentu hal ini menarik perhatian netizen terlebih yang sedang berjuang menurunkan berat badan.

Akan tetapi, kini diet nanas sudah berkembang. Nanas lebih dijadikan menu pendamping untuk tiap sesi makan. Rentang waktu diet pun beragam, ada yang melakukannya 3 hari atau ada juga yang merencanakannya hingga lima hari.

Cara dietnya pun sederhana dan ada beberapa versi. Ada yang melakukannya dengan hanya makan nanas selama 3 hari, ada pula yang mengonsumsi nanas bersama dengan makanan lain yang mengandung 500 kalori. Sementara ada pula yang makan nanas saat sarapan, lalu nanas dijadikan menu pendamping makan siang dan makan malam berupa dada ayam panggang rendah lemak seperti pemilik akun TikTok @catcasas_.

Mengapa nanas bisa bantu turunkan berat badan?

1. Kandungan bromelain, ini merupakan enzim proteolitik yang membantu mengurangi peradangan (inflamasi). Peradangan membuat hormon leptin (pengontrol berat badan) kurang efektif bekerja.

2. Meningkatkan kinerja pencernaan, berbagai kandungan nutrisi pada nanas memastikan pencernaan lancar, berat badan turun dan mengurangi kembung.

3. Menekan nafsu makan, kandungan air, serat, bromelain membantu penyerapan nutrisi dan memperlambat gerakan usus sehingga nafsu makan bisa ditekan.

4. Rendah kalori, Anda memperoleh banyak nutrisi tanpa khawatir tinggi kalori.

5. Kaya vitamin B1, salah satu nutrisi untuk produksi energi. Tubuh yang aktif, metabolisme terus bekerja dan lebih sedikit racun.

6. Meningkatkan lipolisis, riset menemukan tikus yang diet tinggi lemak menunjukkan peningkatan lipolisis (pemecahan lemak) dan penurunan lipogenesis (sintesis lemak) saat diberi nanas.

Apa diet nanas itu sehat?

Berat badan mungkin bisa turun jika Anda hanya mengonsumsi nanas selama 3 hari. Namun berat badan yang dicapai mungkin tidak bisa bertahan lama.

Menurut Harvard Health, perempuan tidak boleh mengonsumsi kurang dari 1.200 kalori per hari, sedangkan laki-laki paling tidak 1.500 kalori per hari. Kurang dari ini, bisa dibilang diet ketat yang tidak sehat untuk menurunkan berat badan.

Total kalori nanas sekitar 453 kalori per buah, sehingga setidaknya Anda makan beberapa nanas untuk memenuhi kebutuhan kalori. Sedangkan tipe diet nanas lain masih memperbolehkan orang untuk mengonsumsi makanan lain hingga 500 kalori. Versi lain sepertinya juga tidak lebih sehat yakni dari 7 hari, Anda hanya makan nanas 2 hari dan 5 hari lainnya bebas.

Diet ini tidak untuk jangka panjang. Jika Anda ingin melakukan diet nanas, sebaiknya konsultasikan ke dokter terlebih dahulu.

Editor : Aron
Sumber : cnnindonesia