Sebanyak 365 warga binaan Lapas Kelas IIA Tanjungpinang mendapatkan vaksinasi Sinovac, Selasa (6/7/2021).

Vaksinasi ini merupakan kerjasama dengan Polres Bintan, Dinas Kesehatan Kabupaten Bintan dan Puskesmas Kawal, dalam hal ini sebagai Tim Gugus Covid daerah Kabupaten Bintan.

Selain itu, kegiatan ini juga sekaligus memperingati HUT Polri ke 75 yang tahun ini mengambil tema Bhakti Kesehatan Bhayangkara untuk Negeri, Transformasi Menuju Polri yang Presisi Mendukung Percepatan Penanganan Covid-19 untuk Masyarakat Sehat dan Pemulihan Ekonomi Nasional Menuju Indonesia Maju.

Pelaksanaan kegiatan vaksinasi ini melibatkan seluruh petugas Lapas Kelas IIA Tanjungpinang diantaranya 5 dari Polres Bintan, 4 orang dari Polsek Gunung Kijang, 2 orang petugas medis dari Puskesmas Kawal, 2 orang petugas medis dari Lapas Khusus Narkotika Kelas IIA Tanjungpinang. Jenis vaksin yang digunakan pada kegiatan ini adalah Sinovac.

Vaksinasi Sinovac ini juga diberikan kepada keluarga besar Lapas Kelas IIA Tanjungpinang.

“Vaksinasi dilaksanakan kepada 365 warga binaan yang memiliki KTP, untuk warga binaan yang tidak memiliki KTP juga berkesempatan untuk divaksin, tentunya setelah melewati tahap assesmen, yang meliputi pendataan terhadap orang yang memiliki penyakit bawaan atau tidak memungkinkan untuk divaksin karena resiko penyakit tertentu,” kata Kalapas Wahyu Hidayat.

Keluarga besar Lapas Kelas IIA Tanjungpinang mendukung program percepatan penanganan Covid-19 dengan tidak bosan-bosannya mengingatkan dan memberi perintah kepada seluruh petugas Lapas Kelas IIA Tanjungpinang khususnya, agar tetap menerapkan protokol kesehatan dengan ketat, mendukung program pemerintah dengan melaksanakan vaksin.

“Hal ini merupakan tanggungjawab kita bersama, upaya ini akan terlaksana dengan baik apabila semua orang bisa bekerjasama,” ujar Wahyu.

Seperti kita ketahui, kata Wahyu, wabah Covid-19 ini masih ada dan berpotensi menularkan bahkan mengancam nyawa seseorang. “Bersama kita akan bisa melewati badai ini, tentunya dengan harapan semoga kita semua selalu dalam lindungan-Nya,” tanbahnya.

Wahyu juga mengajak warga binaan untuk mengikuti kegiatan vaksin ini dengan baik. “Saya ucapkan terimakasih atas partisipasi dan antusiasnya. Semoga kita selalu diberikan kesehatan,” tegas Wahyu.

Kegiatan vaksinasi ini dilaksanakan sehari di ruang kunjungan Lapas Kelas IIA Tanjungpinang, tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19 dengan tetap memakai masker dan menjaga jarak.

“Ruang pelaksanaan vaksinasi juga dilengkapi dengan sarpras yang meliputi sarung tangan dan hand sanitizer. Mobilitas marga binaan yang ingin melaksanakan vaksin juga dibatasi dengan cara bergantian mulai dari blok (Kamar Hunian) masing-masing, hal ini merupakan upaya untuk menghindari kerumunan di dalam ruang pelaksanaan vaksin,” pungkasnya.

Editor : Dwik