Seledri tak hanya digunakan untuk campuran sayuran karena bisa menambah cita rasa, tapi juga dijadikan jus karena menyehatkan. Berikut manfaat jus seledri dan cata membuatnya.

Seledri merupakan sayuran yang biasa ditambahkan ke dalam sayuran. Sayur sop hingga kuah kaldu bakso jamak ditambahkan seledri. Hal ini karena seledri menghasilkan aroma yang menggugah selera.

Tak hanya untuk masakan, seledri juga bisa dijadikan minuman sehat. Salah satunya dijadikan jus. Caranya dengan menghaluskan seledri dengan tambahan air. Ada juga yang menambahkannya dengan pisang atau buah lainnya.

Dilansir dari The Beet dan Health Line, berikut 5 manfaat jus seledri untuk kesehatan tubuh:

1. Mengandung Antioksidan

Jus seledriJus seledri Foto: iStock

Jus seledri menyimpan beragam nutrisi penting. Di antaranya karbohidrat, protein, gula, kalsium, potasium, hingga vitamin C. Kandungan inilah yang berperan sebagai zat antioksidan.

Zat antioksidan pada jus seledri bisa bermanfaat untuk melawan risiko penyakit seperti kardiovaskular dan jantung. Zat antioksidan yang tinggi juga baik untuk menjaga imunitas tubuh sehingga tubuh tak mudah sakit.

2. Mengurangi Peradangan

Selain zat antioksidan, jus seledri juga mengandung zat anti-inflamasi. Fungsinya mengurangi peradangan pada tubuh.

Pada sebuah penelitian menemukan kalau ekstrak seledri memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat mengurangi risiko penyakit kronis. Disebutkan dalam sebuah penelitian kalau zat anti-inflamasi itu didapatkan dari konstituen polar dalam ekstrak.

3. Menurunkan Berat Badan

Tubuh langsing memang idaman semua wanita. Oleh karenanya, banyak netizen yang ingin berdiet untuk menurunkan berat badan. Salah satunya dengan mengatur pola makan sehat.

Jus seledri bisa jadi salah satu minuman yang dapat kamu konsumsi secara rutin selama diet. Karena jus seledri juga bermanfaat untuk menurunkan berat badan.

Kalori jus seledri yang rendah menjadi salah satu faktor bahwa minuman ini bisa menurunkan berat badan dengan cepat. Dalam 240 ml jus seledri hanya mengandung sekitar 42,5 kalori saja.

Pada sebuah penelitian menunjukkan bahwa seledri secara signifikan bisa menurunkan kadar kolesterol, trigliserida, dan lipoprotein densitas rendah. Jus seledri disebut-sebut bisa melunturkan lemak dalam tubuh.

4. Rendah Gula

Bagi kamu yang sedang mengurangi konsusmi gula, jus seledri bisa menjadi alternatifnya. Karena jus seledri salah satu minuman rendah gula. Dalam satu cangkir jus seledri (240 ml) hanya mengandung 5 gram gula saja.

Kalau sedang melakukan diet, jus seledri bisa kamu konsumsi karena tidak akan menambahkan lemak pada tubuh. Baik juga dikonsumsi bagi penderita diabetes untuk menjaga kadar gula agar tetap stabil.

5. Bisa Menghidrasi Tubuh

Jus seledriJus seledri Foto: iStock

Jus seledri juga mengandung air yang tinggi. Hampir semua bagaian seledri mengandung air. Mulai dari bagian batang hingga daunnya.

Seperti air putih, jus seledri bisa kamu konsumsi untuk menghidrasi tubuh. Saat tubuhmu terhidrasi dengan baik maka tubuh bisa menjaga kesehatan peredaran darah, fungsi otak, dan ginjal.

6. Cara Membuat Jus Seledri

Jus seledri sangat praktis dibuat di rumah. Bahan yang digunakan juga mudah sekali didapatkan. Kamu hanya memerlukan 3-4 batang seledri dan air, lalu haluskan menggunakan blender dan saring sebelum dikonsumsi.

Namun, kalau kamu ingin menambahkan rasa bisa juga dengan mencampurkan buah lain. Kamu bisa menambahkan apel, lemon, jahe, atau pisang ke dalam racikannya. Agar manfaat kesehatannya tetap terjaga, jangan tambahkan gula atau pemanis lainnya. Kalau ingin yang praktis, belakangan banyak gerai jus premium yang menawarkan jus seledri botolan.

Editor : Aron
Sumber : detikfood