Serat merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh untuk menurunkan berat badan. Serat berperan dalam proses metabolisme dan pencernaan. Anda dapat mengonsumsi makanan yang mengandung serat untuk diet.

Studi menunjukkan asupan makanan yang mengandung serat dapat mencegah konstipasi, mencegah kenaikan gula darah, dan mengurangi risiko diabetes. Serat juga dapat memberikan efek kenyang lebih lama sehingga dapat membuat Anda makan lebih sedikit saat diet.

Serat bisa didapatkan dari sejumlah makanan seperti sayuran, buah, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Orang dewasa direkomendasikan mengonsumsi 25-38 gram serat per hari.

Berikut 7 makanan yang mengandung serat untuk diet.

1. Stroberi

Semangkuk StroberiStroberi adalah makanan yang mengandung serat untuk diet. (Foto: morgueFile/MaxStraeten)

Dalam 100 gram stroberi mengandung 2 gram serat serta nutrisi lainnya seperti vitamin C, mangan, serta antioksidan.

Selain padat nutrisi, stroberi dikenal sebagai buah yang tepat untuk diet karena rendah kalori, bebas natrium juga tidak berkolesterol.

2. Quinoa

Quinoa seeds in a wooden spoon shot directly above on wood background. Some seeds are dropped out the spoon. DSRL studio photo taken with Canon EOS 5D Mk II and Canon EF 100mm f/2.8L Macro IS USMQuinoa adalah makanan yang mengandung serat untuk diet. (Foto: Istockphoto/Fcafotodigital)

Quinoa adalah salah satu jenis sereal yang masuk ke dalam kelompok biji-bijian. Quinoa mengandung sejumlah nutrisi penting seperti protein, magnesium, besi, seng, kalium, dan antioksidan.

Secangkir quinoa matang memiliki 2,8 gram serat. Kandungan karbohidrat dalam quinoa juga dapat membuat makanan ini menjadi pengganti nasi putih yang sehat.

3. Pir

pile of ripe yellow pears isolated on white backgroundBuah pir adalah makanan yang mengandung serat untuk diet. (Foto: Istockphoto/Pineapple Studio)

Buah pir adalah sumber serat terbaik yang rendah kalori. Satu buah pir berukuran sedang memuat sekitar 6 gram serat atau setara 22 persen kebutuhan serat harian.

Serat dalam pir sangat bermanfaat melancarkan pencernaan. Sedangkan flavonoid pada pir berfungsi sebagai antioksidan untuk melawan peradangan serta menekan risiko diabetes.

4. Alpukat

Alpukat mempunyai muatan serat yang tinggi. Buah alpukat berukuran sedang mengandung 6 gram serat yang bisa memberikan efek mengenyangkan.

Alpukat juga mengandung lemak sehat dan kaya akan vitamin C, kalium, magnesium, vitamin E, dan vitamin B.

5. Buncis

Ilustrasi buncisBuncis adalah makanan yang mengandung serat untuk diet. (Foto: Neha Deshmukh)

Makanan yang mengandung serat untuk diet selanjutnya adalah buncis. Buncis termasuk kelompok kacang-kacangan.

6. Oat

Uncooked Steel Cut Oats on a Wood SpoonOat adalah makanan yang mengandung serat untuk diet. (Foto: iStockphoto/Michelle Lee Photography)

Oat merupakan biji-bijian paling sehat yang sangat tinggi kandungan vitamin, mineral dan antioksidan. Dalam secangkir oat matang, terdapat sebesar 10 gram serat.

Kandungan serat larut kuat yang disebut oat beta-glucan memiliki efek positif dalam mengontrol kadar gula darah dan kolesterol.

7. Biji chia

-Biji Chia atau Chia Seeds (dok. commons.wikimedia.org/Magister MathematicaeBiji chia adalah makanan yang mengandung serat untuk diet. (Foto: commons.wikimedia/Magister Mathematicae)

Biji chia adalah biji hitam bergizi yang mengandung magnesium, fosfor dan kalium tinggi. Biji chia dapat dicampur ke dalam yoghurt atau pudding.

Biji chia disebut sebagai sumber serat terbaik. Setiap 1 ons biji chia kering memuat 34 gram serat.

Itulah 7 makanan yang mengandung serat untuk diet. Masukkan makanan ini dalam menu makanan harian Anda.

Editor : Aron
Sumber : cnnindonesia