Ilustrasi/Foto: Getty Images/iStockphoto/Jokic

Pandemi COVID-19 telah menekan ekonomi Indonesia. Dampaknya pun berpengaruh kepada pengusaha atau UMKM, banyak dari mereka yang akhirnya gagal dalam bisnisnya.

Seorang mentor bisnis dan juga pengusaha IT di Indonesia, Basuki Surodjo atau akrab disapa Cobaz menegaskan bahwa seorang pengusaha tidak boleh ada kata menyerah. Jika gagal harus mencoba berulang kali lagi.

“Kalo pengusaha itu gagal, coba lagi, gagal, coba lagi, jadi pengusaha itu nggak ada menyerah,” tegasnya, dalam acara d’Mentor, Kamis (24/6/2021).

Setelah terus mencoba, selalu memanfaatkan banyak peluang yang ada. Menurutnya tidak ada yang tahu pada titik mana peluang itu akan berhasil. Artinya dari 10 peluang, bisa berhasil satu kalinya bisa menutupi sembilan kegagalan lainnya.

“Kedua kalau ada peluang itu selalu saya ambil. Saya nggak pernah ngelewatin peluang satu biji pun, kalau dari 10 peluang yang kita lewati, gagal-gagal terkadang satu peluang yang kita ambil bisa menutupi sembilan kegagalan kita. Kalau pengusaha gitu, terkadang kita nggak tau mana yang kita lakukan tiba-tiba boom,” jelasnya.

Kemudian, Cobaz mengatakan pengusaha jangan malas untuk terus mencoba. “Kalau kita malas dan satu kegagalan aja menyerah terus kapan kita bisa mendapatkan kesuksesan? Bahkan satu kesuksesan bisa menutup 20 kegagalan,” katanya.

Dia menyarankan untuk belajar dari setiap kegagalan yang sudah pengusaha lalu. Misalnya evaluasi semua segmen dalam bisnis, dari manajemen hingga ide.

“Gagal kita ya coba terus. Harus kita pelajari mungkin ada yang salah, salah di manajemen di ide atau di mana, kalau idenya terlalu gampang kita coba lagi. Namanya pengusaha nggak boleh ada kata menyerah,” pungkasnya.

Editor : Aron
Sumber : detikfinance