Kasus COVID-19 di Indonesia sedang ganas-ganasnya, kasusnya melonjak di berbagai wilayah. Jumlah kasus harian mencatatkan rekor tertinggi, sementara jumlah total kasus sudah menyentuh angka 2 juta.

Pakar epidemiologi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI) Pandu Riono bahkan menyebut Indonesia sudah herd stupidity, saking abainya terhadap ancaman COVID-19. Sikap yang sangat mungkin membawa ke puncak gelombang kedua COVID-19.

Sementara COVID-19 masih mengamuk di Indonesia, ternyata ada beberapa negara yang justru sudah bebas masker. Enam di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Israel

Israel berhasil mengendalikan COVID-19 sehingga transmisi penularannya tak lagi tinggi. Warga Israel sudah bisa bebas beraktivitas tanpa masker sejak April lalu.

Untuk mencapai kondisi ini, Israel telah melakukan vaksinasi pada 50 persen warganya. Kendati demikian, Israel masih membatasi warga asing masuk ke negaranya demi menghindari penyebaran COVID-19 varian baru.

2. Amerika Serikat

Amerika Serikat mengizinkan warganya untuk melepas masker setelah vaksinasi COVID-19.

Selain vaksinasi, warga Amerika Serikat juga diberi syarat oleh Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) sebelum beraktivitas tanpa masker. Di antaranya, sudah mendapat dua dosis vaksin Corona, berkumpul dengan teman yang sudah divaksin, dan menghindari kerumunan.

3. Italia

Per tanggal 28 Juni, Italia sudah membolehkan warganya beraktivitas tanpa masker. Menteri Kesehatan Roberto Speranza dalam cuitannya di Twitter menyebut wilayah yang bisa menerapkan aturan bebas masker harus sudah berada di ‘white zone’ COVID-19.

White zone Corona di Italia menandakan kasus infeksi COVID-19 amat rendah dan jumlah pasien ICU harian rumah sakit tercatat di bawah ambang batas berisiko.

4. Bhutan

Meski lokasinya berbatasan dengan India dan China, Bhutan berhasil mengendalikan COVID-19 tanpa lockdown ketat. Bhutan juga telah berhasil memvaksinasi lebih dari 90 persen populasi orang dewasa dalam dua minggu. Oleh karenanya, Bhutan tak lagi mewajibkan warganya menggunakan masker di luar ruangan.

5. Selandia Baru

Berkat penanganan COVID-19 yang baik, Selandia Baru ada di daftar selanjutnya. Sampai saat ini, Selandia Baru tercatat hanya melaporkan 26 kasus kematian karena COVID-19.

6. China

Negara pertama yang melaporkan kasus COVID-19 ini ternyata sudah bebas masker. Hampir semua warga China sudah mendapatkan vaksinasi COVID-19.

China juga diketahui telah membuka tempat pariwisata, seperti taman hiburan, restoran, hingga hotel.

Editor : Aron
Sumber : detikhealth