Swiss resmi menghentikan kiprah Turki dan menjaga asa lolos di Euro 2020. Itu setelah Xherdan Shaqiri dkk menang 3-1 pada partai terakhir di Grup A.

Laga Swiss vs Turki dalam lanjutan Grup A Euro 2020 digelar di Olympic Stadium, Baku, Minggu (20/6/2021) malam WIB. Gol cepat langsung didapatkan Swiss lewat Haris Seferovic di menit keenam.

Xherdan Shaqiri menggandakan keunggulan mereka di menit ke-26, untuk menutup babak pertama dengan skor 2-0.

Turki sempat menghidupkan peluang lewat gol Irfan Kahveci di menit ke-62. Tapi Swiss tak membiarkan lawannya menumbuhkan asa lebih besar, dengan mencetak gol ketiga melalui Shaqiri.

Kemenangan ini belum cukup membawa Swiss lolos langsung ke babak 16 besar Euro 2020. Meski sama-sama mengoleksi empat poin dengan Wales di posisi dua, mereka kalah selisih gol.

Italia dan Wales pun melenggang ke babak selanjutnya, sementara Swiss berharap lolos dari jalur empat tim terbaik di antara penghuni posisi tiga. Sementara itu, Turki dipastikan angkat koper dari turnamen.

Jalannya Pertandingan

Empat menit laga berjalan, Turki mendapatkan kesempatan. Burak Yilmaz menyodorkan bola ke Kaan Ayhan di depan kotak penalti. Ayhan melepaskan tembakan keras ke pojok kiri atas gawang, yang masih bisa dijangkau oleh Yann Sommer.

GOL! Swiss memimpin di menit keenam. Menerima umpan dari Steven Zuber, Haris Seferovic punya waktu dan ruang untuk melepaskan tembakan yang bersarang ke pojok kanan bawah gawang.

Peluang untuk Turki di menit ke-16. Umpan silang Cengiz Under dari kanan disambar Mert Muldur di tiang jauh ke arah gawang. Tapi Sommer di posisi yang bagus untuk menghentikan bola.

Tekanan lain dari Turki lewat serangan balik pada menit ke-23. Ozan Tufan menerima bola di tepi kotak penalti, lalu melepaskan percobaan. Bola melesat ke atas gawang.

GOL! Swiss kembali mencetak gol di menit ke-26. Swiss membangun serangan dengan apik dan Xherdan Shaqiri, usai menerima umpan dari Zuber, mengarahkan tembakan melengkung ke pojok kanan atas gawang.

Nyaris Swiss membikin gol ketiga dua menit berselang. Shaqiri lolos dan menerima umpan terobosan dari Seferovic. Tinggal menghadapi kiper, sepakan Shaqiri berakhir menyamping dari gawang akibat upaya blok dari Ugurcan Cakir.

Upaya jarak jauh dari Muldur untuk Turki pada menit ke-33. Bola tampak mengarah ke pojok kiri bawah gawang, namun Sommer sigap mengantisipasi dan menghalaunya.

Peluang buat Turki di menit ke-43 dari serangan bali lewat sisi kiri. Muldur menusuk, memotong ke tengah, lalu melepaskan tembakan yang masih bisa dijangkau dan dihentikan Sommer. Babak pertama berakhir.

Turki langsung mendesak Swiss di awal babak kedua. Sundulan Yilmaz di menit ke-50 masih melambung, usai menyambut umpan Under.

Swiss merespons tak lama berselang. Sepakan Zuber dari sudut sempit masih bisa dihentikan Cakir. Upaya lain dari Breel Embolo juga bisa dihentikan kiper Turki tersebut.

Turki terus membiarkan Swiss menemukan celah. Kali ini Seferovic mendapatkan peluang, yang lagi-lagi dihentikan oleh Cakir.

GOL! Turki memperkecil selisih di menit ke-62. Irfan Can Kahveci menyambar sodoran Hakan Calhanoglu dari depan kotak penalti dan menceploskan bola ke pojok kiri atas gawang.

GOL! Swiss memulihkan keunggulan dua gol di menit ke-68. Lewat serangan cepat, Zuber mengoper ke Shaqiri di kanan yang lantas dengan tenang menaklukkan Cakir.

Hampir Swiss membuat gol keempat di menit ke-77. Tendangan bebas dari Granit Xhaka meluncur ke pojok kanan bawah dan menghantam tiang gawang. Bola lalu kembali ke area permainan.

Turki merespons dua menit berselang. Under merangsek dan melepaskan tembakan keras yang melesat tipis ke atas gawang Swiss.

Swiss mengontrol laga dengan nyaman dan menjaga keunggulan 3-1. Sampai peluit akhir berbunyi, tak ada lagi gol tercipta.

Susunan pemain:

Swiss: Yann Sommer; Nico Elvedi, Manuel Akanji, Ricardo Rodriguez; Silvan Widmer (Kevin Mbabu 90′), Remo Freuler, Granit Xhaka, Steven Zuber (Benito 85′); Xherdan Shaqiri (Ruben Vargas 76′), Breel Embolo (Admir Mehmedi 86′), Haris Seferovic (Gavranovic 76′)

Turki: Ugurcan Cakir; Mehmet Zeki Celik, Merih Demiral, Caglar Soyuncu, Mert Muldur; Kaan Ayhan (Yokuslu 63′); Cengiz Under (Kenan Karaman 80′), Ozan Tufan, Irfan Can Kahveci (Orkun Kokcu 80′), Hakan Calhanoglu (Tokoz 86′); Burak Yilmaz

Editor : Aron
Sumber : detiksepakbola