Timnas Italia berhasil mengalahkan timnas Wales dengan skor 1-0 di Euro 2020(Euro 2021). Italia berhasil jadi juara grup sedangkan Wales lolos ke babak 16 besar sebagai runner up.

Meski melakukan rotasi besar-besaran, Italia berhasil mendominasi permainan sejak babak pertama. Italia berhasil mengurung pertahanan Wales yang kesulitan keluar dari tekanan.

Namun gol Italia baru datang di menit ke-39. Gol tersebut berasal dari skema tendangan bebas yang dilepaskan oleh Marco Verratti. Umpan Verrati berhasil diteruskan oleh Matteo Pessina menjadi go.

Setelah Italia unggul 1-0, Roberto Mancini memutuskan mengistirahatkan Leonardo Bonucci dan menggantinya dengan Francesco Acerbi.

Pada menit ke-53, Federico Bernardeschi melepaskan tendangan bebas namun tembakan Bernardeschi membentur tiang gawang.

Wales' Gareth Bale, left, is fouled by Italy's Alessandro Bastoni during the Euro 2020 soccer championship group A match between Italy and Wales at the Stadio Olimpico stadium in Rome, Sunday, June 20, 2021. (Ryan Pierse/Pool via AP)Italia melakukan rotasi besar-besaran di laga lawan Wales.(AP/Ryan Pierse)

Semenit kemudian, Acerbi melakukan kesalahan fatal yang membuat Aaron Ramsey terbebas dan berhadapan langsung dengan Gianluigi Donnarumma. Namun Ramsey terlalu lama melakukan tendangan sehingga situasi darurat bisa diatasi Italia.

Di menit ke-58, Wales harus bermain dengan 10 orang pemain karena Ethan Ampadu terkena kartu merah langsung. Ampadu dianggap melakukan pelanggaran keras saat menjejakkan kakinya ke kaki Bernardeschi.

Setelah unggul jumlah pemain, Italia makin dominan menguasai permainan dan melakukan tekanan. Di menit ke-65, tendangan Andrea Belotti hasil umpan matang Federico Chiesa masih bisa ditahan oleh Ward.

Pada 15 menit terakhir, Mancini memutuskan untuk menurunkan Bryan Cristante dan Giacomo Raspadori untuk menggantikan Jorginho dan Bernardeschi.

Di menit ke-76, Gareth Bale punya peluang bagus untuk menyamakan kedudukan setelah menerima umpan sundulan dari Joe Rodon. Namun tendangan voli Bale di muka gawang jauh dari sasaran.

Pada menit ke-89, Belotti melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti namun Ward berada di posisi yang bagus untuk menangkapnya.

Wales yang unggul selisih gol atas Swiss memilih lebih fokus bertahan di sisa waktu dibanding menyerang untuk menyamakan kedudukan.

Skor 1-0 untuk Italia bertahan hingga akhir pertandingan. Italia dan Wales lolos ke babak 16 besar.

Editor : Aron
Sumber : cnnindonesia