Ilustrasi. Beberapa bahan alternatif ini, mulai dari kecap hingga bawang putih, memberikan rasa yang tak kalah gurih dari micin. (Anelka/Pixabay)

Terlalu banyak asupan penyedap rasa atau micin bisa menimbulkan masalah kesehatan. Tak perlu khawatir, ada beberapa bahan pengganti micin yang gurih umami.

Micin memang jadi pilihan yang tepat untuk memberikan rasa pada makanan. Mengutip Fit Day, Food and Drug Administration (FDA) bahkan telah merestui penggunaan bahan monosodium glutamate (MSG) alias micin sebagai bahan yang aman.

Sayangnya, terlalu banyak asupan micin, pada beberapa orang, bisa menimbulkan gejala-gejala klinis tertentu. Beberapa orang memutuskan untuk tidak menggunakan micin atas alasan kesehatan.

Sebagai gantinya, kamu bisa menggunakan 7 bahan pengganti micin yang rasanya gurih umami berikut ini.

1. Kaldu sapi

Kaldu sapi yang dimaksud bukanlah kaldu instan yang mudah ditemukan di pasaran. Untuk mendapatkan rasa terbaik, kamu bisa membuat kaldu sapi sendiri dengan menggunakan tulang sapi yang dimasak perlahan. Kaldu buatan sendiri akan meningkatkan rasa pada makanan.

Mengutip dari Cuisine Vault, kaldu sapi dan micin memiliki rasa yang mirip. Keduanya mengandung tinggi glutamat atau asam amino pada protein daging. Semakin lama diolah, semakin tinggi konsentrasi rasa umami yang diberikan.

Sambal kecap is hot sauce with soy (kecap)7 Bahan Pengganti Micin yang Rasanya Gurih Umami. Foto: iStock

2. Kecap

Kecap menjadi pengganti micin yang praktis dan mudah ditemui di pasaran. Kecap merupakan saus kaya rasa umami dan bisa ditambahkan pada tumis atau masakan berkuah.

Namun, cek label kemasan sebelum memutuskan membeli kecap di supermarket. Pastikan campuran MSG di dalamnya tidak terlalu banyak.

Selain kecap, Anda juga bisa menggunakan saus tiram atau kecap ikan. Gunakan dengan cermat sebab rasa asin yang kuat nyaris bisa menggantikan garam.

3. Keju parmesan

Keju parmesan mengandung micin alami berkat proses fermentasi. Proses fermentasi menghasilkan pelepasan asam amino saat protein dipecah. Tidak heran jika campuran keju parmesan pada pasta, pizza, risotto mampu memberikan rasa gurih yang nikmat.

Hanya saja, keju parmesan biasanya tidak dimasukkan dalam masakan Asia dan tidak biasa jadi campuran tumis.

4. Garam

Mengutip dari Livestrong, garam laut (sea salt) bisa menjadi alternatif pengganti micin. Garam laut akan meningkatkan rasa pada makanan dan memiliki rasa asin yang lebih ‘lembut’ daripada garam meja biasa. Garam jenis lain bahkan memberikan rasa ‘smoky‘ atau rasa eksotik, seperti garam hitam belerang India (sulfuric Indian black salt) dan garam bambu Korea (Korean bamboo salt).

5. Tomat

Mungkin Anda tak menyangka kalau tomat bakal jadi alternatif pengganti micin. Tomat kaya akan kandungan glutamate yang memberikan rasa umami yang alami.

Cukup panggang tomat untuk mengeluarkan rasa umami yang intens dan sajikan bersama hidangan lain untuk memperkuat rasa.

Jamur banyak ditemukan sebagai bahan pangan pengganti daging, terutama pada masakan vegetarian. Kemiripan rasa inilah yang menjadikan jamur sebagai alternatif pengganti micin. Jenis jamur yang bisa digunakan di anranya jamur portobello dan shiitake.

assorted japanese mushroomassorted japanese mushroomIlustrasi. Jamur bisa disangrai atau dipanggang hingga berwarna kecokelatan untuk dijadikan bahan pengganti micin. (iStockphoto/ahirao_photo)

Penggunaannya, jamur cukup disangrai atau dipanggang hingga berwarna kecokelatan (caramelize). Hasil olahan jamur ini kemudian langsung dicampur dengan masakan.

7. Bawang putih

Bumbu atau rempah yang biasa ditemui bisa dijadikan pengganti micin, termasuk bawang putih, rosemary, merica, kunyit, dan jintan. Penggunaannya akan tergantung masakan. Kombinasi masakan dan rempah pun akan mendatangkan kehangatan sekaligus manfaat kesehatan tambahan.

Editor : Aron
Sumber : cnnindonesia