Pelabuhan Sri Bintan Pura masih melayani pelayaran antar pulau se Provinsi Kepri termasuk Batam bagi orang yang melaksanakan dinas atau pekerja.

Selama pandemi COVID-19 ini, ada 12 armada yang beroperasi. Rinciannya, 7 armada tujuan Batam dan 5 armada melayani rute ke Tanjung Balai Karimun, Daik Lingga, Dabo Singkep, Dumai. Namun untuk kapasitas dibatasi setengah dari jumlah kapasitas kapal, Sabtu (19/6/2021).

Hal itu disampaikan oleh Seksi Keselamatan Berlayar KSOP (Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan) Tanjungpinang, A. Martawilaya.

Menurut Martawilaya, dari 12 armada semuanya berangkat setiap hari namun kurang dari setengah jumlah kapasitas kapal dan tetap mematuhi prokes.

“Peraturannya prokes hanya setengah dari kapasitas penumpang dan kita batasi 50-60 penumpang saja. Setiap hari untuk tujuan Batam bisa mencapai 7 armada sedangkan tujuan ke pulau sekitar ada 5 armada,” jelas Yayan, sapaan akrab A Martawilaya.

Yayan menambahkan, saat ini jumlah sangat turun drastis jika dibanding sebelum pandemi.

“Kita bisa lihat sendiri sekarang jumlah penumpang sangat sepi sekali hanya yang berangkat bagi orang yang melakukan perjalanan dinas atau orang pekerja. Sebelumnya jumlah penumpang mencapai 2000 lebih sedangkan saat ini sekitar dibawah 1000 orang,” tambahnya.

Untuk tujuan Batam, masih Yayan, hanya satu armada saja MV Oceana. Sedangkan Kapal Marina tidak beroperasi karena biaya operasional sangat tinggi sementara penumpang sepi.

Editor : Dwik