Diet telur adalah salah satu cara mengatur pola makan dengan rutin mengonsumsi telur sebagai sumber protein utama.

Secara komposisi, dua bagian pada telur yakni putih dan kuning memiliki kandungan berbeda. Merujuk NHS, putih telur kaya akan protein sementara kuning telur kaya akan nutrisi lainnya seperti vitamin D, A, B2, dan B12.

Selain kaya vitamin dan mineral, diet telur juga tergolong lebih murah dibanding jenis diet lainnya.

Telur yang rendah serat dapat menyebabkan gangguan pencernaan seperti sembelit. Selain itu, terdapat anggapan bahwa kuning telur berpotensi meningkatkan kolesterol dan risiko penyakit jantung.

Ilustrasi TelurHanya mengonsumsi telur membuat kebutuhan nutrisi tubuh tidak terpenuhi. (Foto: condesign/Pixabay)

 

Para ahli menyarankan untuk menjalankan diet telur bersamaan dengan makanan sehat lainnya atau diet telur yang fleksibel. Anda bisa menggabungkan dengan makanan sumber protein lainnya seperti daging dan sayur.

Sebuah studi mengungkap tidak ada batasan rekomendasi berapa banyak telur yang harus dikonsumsi. Namun mengonsumsi telur disarankan cukup 2 sampai 3 butir sehari.

Agar diet telur lebih sehat gabungkan dengan asupan makanan sehat lain seperti ayam, ikan, dan sayuran hijau. Tujuannya agar tubuh tetap mendapat asupan gizi seimbang.

Cara menyantap telur beragam akan tetapi hindari mengolah dengan cara menggoreng lantaran menyumbang lemak dan kalori yang tinggi.

Saran Menyajikan Diet Telur

ilustrasi telur orak arik sayuranSaran penyajian telur untuk diet yang menyehatkan. (Ilustrasi telur orak arik sayur. Foto: iStockphoto)

Banyak anggapan cara menyajikan makanan dapat memengaruhi nilai gizi makanan tersebut. Menggoreng dengan minyak tentu bukanlah sahabat baik untuk mengonsumsi telur saat menjalani program diet telur.

Berikut saran penyajian telur untuk diet.

Rebus

Telur yang direbus dimasak dengan merendam telur beserta cangkangnya. Tingkat kematangan yang disukai setiap orang berbeda.

Untuk mendapatkan tekstur putih telur matang dengan kuning telur setengah matang Anda cukup merebusnya selama 6 menit.

Telur dimasukkan setelah air dalam panci benar-benar mendidih, pasang penghitung waktu untuk mendapatkan hitungan waktu yang tepat. Setelahnya angkat dan masukan telur ke dalam mangkuk yang diisi air dan es batu.

Tujuannya untuk mendinginkan cangkang telur dan memudahkan saat mengupas cangkangnya. Jika ingin mendapatkan kuning telur yang lebih matang rebus selama kurang lebih 7 sampai 8 menit.

Dadar atau Omelet

Omelet salah satu cara diet telur yang benar. Umumnya memasak omelet biasanya menggunakan minyak atau mentega, namun hindari atau setidaknya kurangi bahan tersebut.

Anda bisa menggunakan teflon antilengket sehingga mampu memasak telur tanpa menggunakan minyak.

Agar menambah nilai gizi menu diet telur, bisa menambahkan sayuran hijau seperti daun bayam, tomat, kembang kol, wortel, jamur atau sayuran lainnya sebagai tambahan topping.

Tingkat kematangan yang disukai setiap orang pun berbeda. Jika menyukai omelet dengan tekstur telur lembut tambahkan sedikit susu low fat saat mengocok telur.

Kemudian tambahan garam dan lada secukupnya. Jika tidak menyukai rasa asin sebaiknya tidak perlu menambahkan garam, melainkan dari keju yang bisa menambah rasa gurih dan asin.

Tips Memasak Telur yang Sehat

Ilustrasi telur mata sapiTips memasak telur yang sehat (Foto: Foodies Feed)

Agar tidak menghilangkan kandungan nutrisi pada telur dan mendapatkan gizi seimbang, ikuti tips memasak telur yang sehat.

  1. Pilih cara memasak rendah kalori. Metode ini tidak menambahkan ekstra kalori pada telur.
  2. Menggabungkan telur dengan sayuran hijau. Dengan menambahkan sayuran hijau, Anda telah menambahkan serat dan vitamin ekstra untuk tubuh.
  3. Jika harus menyajikan dengan menggoreng, sebaiknya gunakan minyak zaitun atau bunga matahari ketimbang minyak goreng pada umumnya. Kemudian jangan masak dengan suhu panas yang tinggi karena minyak dapat mudah teroksidasi dan membentuk radikal bebas berbahaya, merujuk Healthline.
  4. Jika memungkinkan, pilih telur omega 3 atau telur organik. Anda tentu bebas menggunakan telur ayam atau bebek untuk dikonsumsi, sesuaikan saja dengan anggaran yang dimiliki.
  5. Jangan masak terlalu lama agar kandungan gizi dan nutrisi dalam telur tidak hilang.

Cara Diet Telur yang Baik

Ilustrasi Sarapan SehatCara diet telur (Ilustrasi Foto: Jakub Kapusnak/FoodiesFeed)

Ada banyak cara untuk berdiet telur, melansir laman Very Well Fit terdapat cara yang bisa Anda coba untuk menjalankannya.

Dalam waktu 14 hari Anda harus mengonsumsi telur rebus sehari tiga kali untuk satu kali makan. Selama itu pula Anda tidak diperbolehkan mengonsumsi camilan dan minuman manis.

Makanan yang dapat menemani telur adalah ayam dan ikan, yang kaya akan kandungan protein.

2. Diet Telur Medis

Diet jenis ini mengizinkan pelaku diet mengonsumsi roti, sayur, dan buah selain telur. Pelaku diet juga diharuskan minum air putih. Minuman lain yang diperbolehkan adalah kopi hitam tanpa gula.

3. Diet Telur dan Jeruk Bali

Pada diet ini Anda menggunakan jumlah waktu yang sama dengan diet 14 hari. Pelaku diet mengonsumsi telur sebanyak 3 butir dalam satu hari setiap kali makan diselingi oleh buah jeruk bali. Hanya diperbolehkan makan buah ini saja, tidak dengan buah lain.

Meski demikian, melakukan cara diet telur yang benar dan aman juga harus diselingi dengan makan makanan bernutrisi seimbang serta berolahraga.

Pembakaran lemak tidak akan berjalan baik tanpa ada aktivitas gerak tubuh. Pilih dan terapkan jenis olahraga yang sesuai dengan tubuh Anda.

Editor : Aron
Sumber : cnnindonesia