Wales berhasil membungkam Turki di laga kedua Grup A Euro 2020, Rabu (17/6) malam WIB. Gareth Bale dan kolega menang dengan skor 2-0.
Satu-satunya gol yang tercipta di laga ini dikemas oleh Aaron Ramsey (42′) dan Connor Roberts (90′). Pada laga ini, Bale gagal menunaikan tugasnya sebagai eksekutor penalti bagi Wales di menit ke-61.
Hasil laga di Olympic Stadium, Baku, ini membuat Wales berhasil meraup tiga poin perdananya. Mereka pun bertengger di urutan teratas untuk sementara. Di sisi lain, Turki kembali gagal meraih poin. Alhasil, Burak Yilmaz cs. sulit untuk lolos ke babak selanjutnya.

Starting XI Turki vs Wales

Turki (4-1-4-1): Cakir; Celik, Ayhan, Soyunchu, Meras; Yokuslu; Karaman, Calhanoglu, Tufan, Under; Yilmaz.
Wales (4-2-3-1): Ward; Roberts, Mepham, Rodon, Davies; Morrell, Allen; Bale, Ramsey, Dan James, Moore.

Jalannya Laga Turki vs Wales

Hasil Euro 2020: Gareth Bale Gagal Penalti, Wales Menang 2-0 dari Turki (1)
Pemain Wales Joe Rodon dan Joe Allen dari beraksi dengan Pemain Turki Burak Yilmaz, pada laga Euro 2020 di Stadion Olimpiade Baku, Baku, Azerbaijan, Rabu (16/6). Foto: Pool via REUTERS
Wales langsung mendapat peluang emas mencetak gol. Menerima umpan jauh di dalam kotak penalti, Aaron Ramsey menggocek bek Turki dan melepaskan tembakan ke arah gawang. Namun, upayanya masih berhasil digagalkan dan ditepis oleh kiper Turki.
Pada menit ke-17, salah seorang pemain Turki terlihat melakukan handball di dalam gawang sendiri. Namun, wasit tidak peduli dengan protes pemain Wales dan melanjutkan laga.
Tujuh menit berselang, Ramsey kemabli mendapat kesempatan mencetak gol. Ia mencoba menembak bola usai menerima umpan di dalam kotak penalti. Sayangnya, tembakan gelandang Juventus itu masih melebar ke atas.
Gol yang ditunggu-tunggu Wales akhirnya terjadi di menit ke-42. Adalah Ramsey yang jadi aktornya. Umpan ciamik Gareth Bale ke depan gawang berhasil dituntaskan oleh sang gelandang. Babak pertama ditutup dengan skor 1-0 untuk Wales.
Hasil Euro 2020: Gareth Bale Gagal Penalti, Wales Menang 2-0 dari Turki (2)
Pemain Wales Kieffer Moore merebut bola dari pemain Turki, pada pertandingan Euro 2020 di Stadion Olimpiade Baku, Baku, Azerbaijan, Rabu (16/6). Foto: Pool via REUTERS
Kembali dari ruang ganti, Turki melakukan dua pergantian pemain. Ozan Tufan masuk menggantikan Yusuf Yazici. Di sisi lain, Okay Yokuslu ditarik keluar dan Merih Demiral masuk.
Jalannya laga pun masih sama seperti babak pertama, yakni Turki mendominasi sedangkan Wales bermain lebih menunggu sambil memanfaatkan serangan balik.
Turki mendapatkan peluang bagus di menit ke-54. Bermula dari sepak pojok, Burak Yilmaz menerima umpan sundulan dari rekannya di depan gawang. Namun sayang, tembakan sang striker melenceng jauh ke atas.
Hasil Euro 2020: Gareth Bale Gagal Penalti, Wales Menang 2-0 dari Turki (3)
Pemain Wales Kieffer Moore beraksi dengan Pemain Turki Caglar Soyuncu pada laga Euro 2020 di Stadion Olimpiade Baku, Baku, Azerbaijan, Rabu (16/6). Foto: Pool via REUTERS
Pada menit ke-61, Wales mendapat hadiah penalti dari wasit usai Gareth Bale dijatuhkan di kotak terlarang. Wasit sempat meninjau VAR untuk memastikan keputusannya. Akan tetapi, Bale gagal menunaikan tugasnya sebagai eksekutor. Tendangannya melambung jauh ke atas gawang.
Gol Connor Roberts di menit ke-90 jadi penutup laga ini. Ia menerima umpan silang Bale. Wales berhasil meraup poin penuh. Di sisi lain, peluang Turki lolos fase grup sangat kecil.
Editor : Aron
Sumber : kumparan