Prancis berjaya saat menghadapi Jerman dalam Euro 2020. Bermain di Allianz Arena, Les Bleus menang tipis 1-0 atas Der Panzer pada Rabu (16/6) dini hari WIB.
Aksi bunuh diri Mats Hummels (20′) menjadi penentu hasil pertandingan. Prancis sebenarnya berhasil dua kali membobol gawang Jerman di babak kedua.
Pertama lewat aksi cantik Kylian Mbappe di menit 66. Tetapi, gol itu dianulir karena Mbappe dalam posisi offside. Kemudian gol yang dicetak oleh Benzema di menit 88. Gol itu buah kombinasi apik Pogba, Mbappe, dan Benzema. Tetapi, gol itu juga dianulir karena offside Mbappe.
Kemenangan ini membuat Prancis menempel ketat Portugal yang mengisi posisi puncak klasemen Grup F. Prancis ada di peringkat kedua karena jumlah gol. Adapun Jerman ada di nomor tiga.
Susunan Pemain:
Prancis: Hugo Lloris; Benjamin Pavard, Raphael Varane, Presnel Kimpembe, Lucas Hernandez; Paul Pogba, N’Golo Kante, Adrien Rabiot; Antoine Griezmann; Kylian Mbappe, Karim Benzema.
Jerman: Manuel Neuer; Matthias Ginter, Mats Hummels, Antonio Rudiger; Joshua Kimmich, Toni Kroos, Ilkay Guendogan, Robin Gosens; Kai Havertz, Thomas Mueller, Serge Gnabry.
Jalannya Pertandingan
Duel seru tersaji sejak menit pertama. Kroos memulai dengan mengirim bola ke kotak penalti Prancis dengan tendangan bebas. Usaha itu gagal dimanfaatkan oleh Hummels yang menyundulnya keluar lapangan.
Prancis membalas dengan serangan berbahaya. Mbappe berusaha menembus pertahan Jerman, namun usahanya dimentahkan Kroos.
Hasil Euro 2020: 2 Gol Prancis Dianulir, Les Bleus Tetap Menang 1-0 Atas Jerman (1)
Pemain Jerman Mats Hummels bereaksi setelah mencetak gol bunuh diri pada pertandingan Euro 2020, di Football Arena Munich, Munich, Jerman, Selasa (15/6). Foto: Pool via REUTERS
Les Bleus terus menyerang. Mbappe menjadi momok pertahanan Jerman. Di menit 17, striker Paris Saint Germain itu menusuk masuk dari sisi kiri dan melepaskan tendangan. Tetapi, Neuer bisa melakukan penyelamatan.
Usaha Prancis terus menyerang tak sia-sia. Mereka berhasil mencetak gol pembuka di menit ke-20. Gol tercipta akibat aksi bunuh diri Hummels.
Hasil Euro 2020: 2 Gol Prancis Dianulir, Les Bleus Tetap Menang 1-0 Atas Jerman (2)
Pemain Jerman Mats Hummels saat mencetak gol bunuh diri di Euro 2020, di Football Arena Munich, Munich, Jerman, Selasa (15/6). Foto: Pool via REUTERS
Bunuh diri itu bermula dari operan jauh Pogba ke Hernandez di sisi kiri kotak penalti. Bek sayap itu lalu mengirim bola ke tengah kotak penalti ke arah Mbappe yang berlari.
Tetapi, bola menghantam Hummels dan Neuer tak bisa menghalau bola yang tiba-tiba berubah arah itu. Skor 1-0 untuk Prancis di menit 20.
Jerman bermain lebih aktif menyerang usai kebobolan gol. Mereka nyaris mencetak gol penyeimbang lewat aksi Mueller. Lalu ada Guendogan yang mendapat kesempatan mencetak gol, tetapi skor belum berubah.
Duel panas berlanjut, Prancis terus mengancam lewat aksi Mbappe dan Benzema. Sementara Gnabry tampil berbahaya untuk Jerman. Walau begitu, tak ada gol lagi tercipta sampai turun minum.
Hasil Euro 2020: 2 Gol Prancis Dianulir, Les Bleus Tetap Menang 1-0 Atas Jerman (3)
Pemain Prancis Paul Pogba dan Karim Benzema merayakan gol pertama mereka saat melawan Jerman di Euro 2020, di Football Arena Munich, Munich, Jerman, Selasa (15/6). Foto: Pool via REUTERS
Kembali dari ruang ganti, Prancis langsung beraksi. Rabiot mendapat peluang emas mencetak gol kedua untuk negaranya. Dia berhasil mendapat bola kiriman Mbappe dan melepaskan tendangan yang menghantam tiang gawang. Griezmann yang menunggu operan emas tampak kesal.
Tak lama, giliran Jerman yang membuang peluang mencetak gol penyeimbang. Gosens mengirim bola ciamik ke Gnabry. Namun, Gnabry melepaskan tendangan yang membuat bola keluar lapangan.
Jerman terus menekan Prancis. Mereka memburu gol penyeimbang agar selamat dari kekalahan. Jerman berusaha memecah kebuntuan dengan menarik keluar Gnabry dan memasukkan Timo Werner. Havertz juga ditarik keluar dan digantikan oleh Leroy Sane.
Mbappe menunjukkan aksi apik dan berhasil membobol gawang Jerman di menit 66. Tendangan itu membuat lima pemain Jerman bengong, tetapi wasit tidak mengesahkan gol karena Mbappe ada di posisi offside.
Hasil Euro 2020: 2 Gol Prancis Dianulir, Les Bleus Tetap Menang 1-0 Atas Jerman (4)
Pemain Jerman Mats Hummels bereaksi setelah mencetak gol bunuh diri pada pertandingan Euro 2020, di Football Arena Munich, Munich, Jerman, Selasa (15/6). Foto: Pool via REUTERS
Menjelang laga bubar, lagi-lagi gawang Jerman bobol. Benzema bisa mengirim bola masuk gawang usai mendapat bola dari Mbappe. Namun, gol itu juga tak disahkan karena Mbappe offside saat mendapat bola dari Pogba.
Jerman semakin gencar memburu gol penyeimbang menjelang laga bubar. Namun, Prancis kokoh bertahan. Skor 1-0 bertahan sampai pertandingan berakhir.
Editor : Aron
Sumber : kumparan