Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kependudukan dan Pencatatan Sipil (PMD Dukcapil) mengadakan lomba inovasi teknologi tepat guna tingkat Provinsi Kepulauan Riau tahun 2021 di Hotel Aston Tanjungpinang, Selasa (15/6/2021).

Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari, 15-17 Juni 2021 dengan mengangkat tema Pendayagunaan Teknologi Tepat Guna (TTG) untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Guna Menggerakkan Ekonomi Masyarakat yang diikuti 30 orang dari hasil seleksi para pemenang lomba TTG tingkat Kab/Kota se Provinsi Kepri.

Tujuan dilaksanakan lomba teknologi tepat guna ini untuk menggali potensi masyarakat serta menambah wawasan kepada pemerintah dan pelaku industri dan menggerakkan sektor perekonomian dalam teknologi tepat guna tersebut.

Narasumber dalam lomba TTG ini diisi dari Bappelitbang, Dinas Kesehatan dan Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kepri.

Wakil Gubernur Provinsi Kepri Hj Marlin Agustina yang membuka lomba inovasi TTG mengatakan, meskipun kegiatan ini dilaksanakan secara virtual sebagaimana intruksi Gubernur Kepri tentang PPKM serta menimbang angka kasus Covid 19 di Kepri diharapkan tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Perlu kita ketahui inovasi tepat guna merupakan optimalisasi sumber daya desa dan peningkatan sumber daya desa, lomba TTG tingkat Provinsi adalah kegiatan lanjutan TTG yang telah diselenggarakan oleh Kab/Kota bagi para pemenang-pemenang juara lomba, sehingga ke depan bisa ikut bersaing pada tingkat nasional. Provinsi Kepri selalu meraih prestasi di tingkat Nasional,” jelas Marlin.

Marlin menambahkan, teknologi tepat guna merupakan teknologi yang sesuai dan sangat mudah diperuntukan bagi masyarakat serta bisa menambah nilai aspek ekonomi

“Oleh karena itu teknologi tepat guna yang di maksud untuk menjaring teknologi yang ada sesuai dengan kebutuhan masyarakat, saya sangat berharap ada inovasi-inovasi terbaru, saya yakin dan percaya bahwa dengan adanya TTG tersebut bisa menambah ketahanan ekonomi keluarga,” ujarnya.

Di akhir sambutan, Marlin mengatakan bahwa Provinsi Kepri telah melaksanakan berbagai program yang mendukung pengembangan teknologi serta masih ada beberapa program ke depan yang harus ditindaklanjuti.

“Adapun programnya antara lain pengembangan dan pemanfaatan replikasi inovasi teknologi tepat guna, penyediaan database dan pemetaan serta kebutuhan data TTG di Provinsi Kepri,” pungkas Marlin.

Editor : Dwik