Dokter timnas Denmark Morten Boesen memastikan Christian Eriksen mengalami henti jantung saat kolaps di laga Euro 2020 melawan Finlandia. Meski demikian, penyebabnya belum diketahui.

Eriksen tiba-tiba jatuh tidak sadarkan diri di menit-menit akhir laga Denmark vs Finlandia di Parken Stadium, Sabtu (12/6/2021). Gelandang milik Inter Milan itu kemudian langsung ditangani oleh tim medis di atas lapangan.

Eriksen mendapatkan pertolongan CPR (resusitasi jantung dan paru) sebelum kemudian dibawa keluar lapangan. Dia kini menjalani perawatan di Rigshospitalet, salah satu rumah sakit top di Denmark, yang jaraknya tidak jauh dari stadion.

“Dia sempat ‘pergi’ dan kami melakukan resusitasi jantung. Itu adalah henti jantung,” ujar Morten Boesen seperti dilansir ESPN.

“Seberapa dekat kami (kehilangan Eriksen)? Saya tidak tahu. Kami mendapatkan dia kembali setelah satu defiblrilasi, jadi itu cukup cepat.”

“Saya bukan ahli kardiologi, jadi detailnya saya akan serahkan kepada ahlinya di rumah sakit.”

Morten Boesen menyebut hasil pemeriksaan Christian Eriksen sejauh ini bagus. Meski demikian, Boesen belum bisa menjelaskan penyebab gelandang berusia 29 tahun itu mengalami henti jantung.

“Kami tidak punya penjelasan kenapa itu terjadi. Saya tidak bisa menjawab pertanyaan itu,” ucap Boesen.

“Saya tidak melihatnya secara langsung, saya melihatnya di layar ketika itu terjadi, sama seperti Anda. Tidak ada penjelasan sejauh ini,” katanya.

Christian Eriksen kini dalam kondisi stabil di rumah sakit. Dia sudah berkomunikasi dengan rekan-rekannya lewat panggilan video.

Denmark sendiri pada akhirnya kalah 0-1 dari Finlandia. Kasper Schmeichel dkk selanjutnya akan menghadapi Belgia di laga kedua Grup B Piala Eropa 2020 pada Kamis (17/6/2021) malam WIB.

Editor : Aron
Sumber : detiksepakbola