Di berbagai negara harga makanan tergolong termahal di dunia. Bahkan untuk sekali makan saja harus merogoh kocek jutaan rupiah.

Pemerintah rencananya akan menetapkan PPN untuk sembako. Hal ini tentu akan berdampak pada kenaikan harga makanan. Mahalnya harga makanan tentu akan mempengaruhi daya beli masyarakat.

Di dunia, ada beberapa negara yang terkenal dengan harga makanannya yang selangit. Untuk biaya makan yang mahal ini tentu harus diimbangi dengan penghasilan yang besar agar perut bisa tetap kenyang.

Dikutip dari CNBC (10/6) negara Swiss tercatat sebagai negara dengan harga makanan termahal. Selanjutnya ada Islandia serta Norwegia.

Berikut daftar negara dengan harga makanan termahal di dunia.

1. Norwegia

Liburan ke Norwegia mungkin impian banyak orang, tapi sebelum merencanakan ke Norwegia ada baiknya untuk mencari tahu harga makanannya. Negara yang dekat dengan Kutub Utara ini mematok harga mahal untuk makanan.

Contohnya saja, secangkir kopi hitam di Norwegia dibanderol dengan harga sekitar $4 atau setara Rp 52 ribuan. Sementara kalau ingin makan malam di restoran, kamu harus menyiapkan budget $285 atau sekitar Rp 3,7 juta.

Tak hanya biaya makan, untuk tempat tinggal pun Norwegia mematok harga tinggi. Hunian satu kamar saja membutuhkan uang sebesar 10.324 krona Norwegia atau sekitar Rp18.29 juta. Tapi biaya hidup dan makan ini sebanding dengan penghasilan masyarakatnya yakni sekitar Rp49 juta per bulan.

2. Swiss

Zermett Swiss5 Negara dengan Harga Makanan Termahal di Dunia Foto: iStock

Swiss merupakan negara dengan pemandangan alam yang indah. Tapi di samping itu, biaya makan di Swiss terbilang sangat mahal. Restoran di Swiss banyak yang menawarkan sensasi makanan lezat dan elegan namun tentu saja ada harga yang harus dibayar.

Sebagai contoh, untuk makan dua orang di restoran yang ada di pusat kota, kamu harus mengeluarkan uang 100 Franch Swiss atau setara Rp 1,4 juta. Harga ini untuk tiga menu makanan. Demikian juga harga jajanan yang tak kalah mahal.

3. Islandia

Islandia juga termasuk negara dengan harga makanan tertinggi di dunia. Bahkan untuk makanan di restoran fast food saja banderol harganya selangit. Trinity, seorang Travel Blogger menceritakan pengalamannya saat makan di restoran fast food di Islandia.

Ia mengeluarkan uang sekitar Rp 350 ribu untuk dua paket combo standar. Sementara di warung makan kecil atau kafe pun harganya tak kalah mahal. Hal ini sebanding dengan pendapatan warga Islandia yakni sekitar Rp 73,2 juta per bulan.

4. Republik Sudan Selatan

Hukum Membayar Zakat Fitrah pakai Beras5 Negara dengan Harga Makanan Termahal di Dunia Foto: iStock

Masyarakat di Sudan harus bekerja ekstra demi mendapatkan uang, pasalnya harga makanan disini sangatlah mahal. Sebut saja kacang atau beras, harga dua bahan ini setara dengan 115 persen dari pendapatan rata-rata harian masyarakat.

Untuk beras saja, harga yang dibanderol yakni setara Rp 70 ribu untuk 1 kilogram. Jadi tak heran masyarakat Sudan lebih memilih mengolah sayuran untuk jadi santapan. Selain beras, air minum di Sudan juga terbilang

Di Luksemburg, penghasilan rata-rata orang per bulan mencapai 2.927,94 euro atau sekitar Rp 49,09 juta. Dengan penghasilan ini, penduduknya harus mengeluarkan uang besar untuk biaya hidup, termasuk untuk makan.

Jika kamu datang ke restoran kecil di Luksemburg, siapkan uang minimal 17 euro atau setara Rp 285 ribu untuk sekali makan. Bisa dibayangkan bagaimana harga set makan siang atau makan malam di restoran berkelas. Biaya sewa tempat tinggal juga cukup tinggi, satu kamar apartemen disewakan dengan harga setara Rp 25 jutaan per bulan.

Editor : Parna

Sumber : detikfood