Gerhana Matahari Cincin bakal terjadi pekan depan, yakni pada Kamis (10/6). Pada hari itu, bulan berada berada sangat jauh dari Bumi kemudian akan menutupi Matahari sepenuhnya untuk menghasilkan gerhana Matahari pertama pada tahun ini.

Saat Bulan menutupi Matahari dilihat dari Bumi, tepi lingkaran luar Matahari masih terlihat. Bagian itu yang sering disebut ‘ring of fire’ (cincin api).

Pada dasarnya cincin api adalah bagian dari gerhana sebagian dan perlu pelindung mata untuk menyaksikannya. Melihat fenomena langit ini dengan tanpa pelindung akan menyebabkan kerusakan mata.

Gerhana Matahari Cincin akan berlangsung sekitar 100 menit, dimulai saat matahari terbit di Ontario, Kanada (di sisi utara Danau Superior). Kemudian proses gerhana melintasi bagian utara Bumi.

Di tengah jalan, puncak gerhana terjadi pada siang hari setempat di utara Greenland. Setelah itu jalur gerhana cincin memapar Kutub Utara Bumi, lalu berakhir saat matahari terbenam di timur laut Siberia.

Sedangkan tahap tengah atau ‘cincin api’, akan berlangsung maksimal 3 menit 51 detik.

Di luar jalur itu, gerhana sebagian akan terlihat oleh orang-orang di berbagai penjuru bumi. Itu termasuk utara Kanada dan Alaska. Sementara di Amerika Serikat, gerhana sebagian akan terlihat dari utara Midwest dan di sepanjang Pantai Timur (kecuali Florida).

Editor : Aron
Sumber : cnnindonesia