Satu dari lima geng kriminal paling berbahaya di Kolombia yakni Los Caparros resmi dibubarkan pemerintah. Pengumuman itu disampaikan oleh Menteri Pertahanan Kolombia Diego Molano.
Diego mengatakan, Los Caparros dibubarkan setelah pimpinan mereka, Robinson Gil Tapias, tewas dalam operasi militer pada Kamis (27/5) di daerah Caceres, Antioquia.
“Hari ini kami dapat memberi tahu (rakyat) Kolombia bahwa Los Caparros telah menemui ajalnya,” kata Molano dikutip dari Reuters, Rabu (2/6).
Geng Kriminal Paling Berbahaya di Kolombia 'Los Caparros' Dibubarkan (1)
Menteri Pertahanan Diego Molano. Foto: Raul Arboleda/AFP
Gil Tapias atau dikenal ‘Flechas’ merupakan buronan paling dicari di Kolombia. Pemerintah bahkan memberikan imbalan USD 145.000 bagi mereka yang mengetahui informasi dan keberadaannya.
Sebelum Tapias, delapan pemimpin lain di geng Los Caparros telah terbunuh atau ditangkap dalam beberapa bulan terakhir dalam operasi militer.
Los Caparros adalah geng yang muncul pada 2017. Geng ini merupakan terbentuk dari pecahan Clan del Golfo. Tercatat geng ini memiliki sekitar 100 kombatan di daerah Antioquia dan Cordoba.
Berdasarkan catatan Pemerintah Kolombia, Los Caparros bertanggung jawab atas pembunuhan dan pemindahan paksa, perekrutan anak dan penculikan di timur laut Kolombia.
Karena rekam jejak kriminalnya yang begitu banyak, Los Caparros masuk dalam daftar lima geng kriminal paling berbahaya di Kolombia bersama Clan del Golfo, Los Pelusos, kelompok gerilya Tentara Pembebasan Nasional (ELN) dan mantan pejuang FARC.
Lima kelompok kriminal ini telah ditetapkan sebagai target militer oleh pemerintah Presiden Ivan Duque.
Editor : Aron
Sumber : kumparan