Wakil Gubernur Kepri Hj Marlin Agustina, Walikota Tanjungpinang Hj Rahma bersama Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat Kota Tanjungpinang meresmikan galeri kreativitas Puan Jelita di halaman DP3APM Kota Tanjungpinang Jl Ahmad Yani No 17 Kelurahan Sei Jang Kecamatan Bukit Bestari, Senin (31/5/2021).

Walikota Tanjungpinang Hj Rahma mengungkapkan, peresmian ini sangat berterima kasih dan bersyukur atas kehadiran Wakil Gubernur yang sudah meresmikan Galeri Puan Jelita untuk menjadikan wadah dalam berkreasi khususnya kaum perempuan untuk ikut partisipasi perekonomian baik secara individu maupun keluarganya.

“Saya atas nama pemerintah Kota Tanjungpinang mendukung penuh kreativitas puan. Saya berharap bisa mendongkrak perekonomian dengan adanya kreativitas Puan Jelita untuk menyatukan sebagai wadah kreativitas-kreativitas perempuan,” ujar Rahma.

Rahma juga mengucapkan terima kasihnya kepada ibu-bu PKK yang telah menyalurkan ide-ide kreativitas. “Kami berharap bisa menjadi wadah dalam berkreasi khususnya kaum perempuan untuk ikut serta dalam membantu perekonomian baik secara individu maupun keluarga,” ujarnya.

Salah satu produk unggulan yang ditampilkan dalam peresmian itu adalah Tudong Manto. Dalam beberapa waktu sudah dilakukan pelatihan, diketahui juga Tudong Manto ini merupakan kerajinan peninggalan para leluhur pada zaman kerajaan terdahulu dan sangat sulit untuk mendapatkannya.

“Tudong Manto ini merupakan pakaian khas diraja bahan bakunya sangat khusus sehingga tidak mudah untuk mendapatkan di pasar umum pada umumnya,” ungkap Rahma.

Pada hari ini, kata Rahma, dirinya sangat bangga karena perempuan Kota Tanjungpinang bisa berkreasi serta mempunyai nilai ekonomi yang luar biasa.

“Tudong Manto ini, selain digunakan dalam acara tertentu juga digunakan pada acara pernikahan, khatam Al Qur’an dan kegiatan adat lainnya,” tutur Rahma.

Sementara itu Wakil Gubernur Prov Kepri Hj Marlin Agustina yang meresmikan kreativitas Puan Jelita menjelaskan, selama ini TP PKK dan Dekranasda Kota Batam yang dia pimpin telah mengembangkan usaha songket dan batik bagi pelaku UKM, bahkan sudah banyak yang memesan hingga luar negeri.

“Kami dari Provinsi Kepri menyambut baik dengan adanya kegiatan ini karena ini merupakan wadah untuk mengembangkan usaha bagi pelaku UKM dan IKM,” ucap Marlin.

Selama menjadi Ketua TP PKK dan Dekranasda Kota Batam, tambah Marlin, pihaknya telah melatih pengrajin dan mengembangkan songket hingga sekarang banyak yang memesan songket di Pulau Ngenang.

Marlin menambahkan, walaupun masih dalam masa pandemi diharapkan ibu-ibu terus bersemangat jangan putus asa dalam membuat kreativitas dalam menumbuhkan perekonomian pelaku usaha UKM.

“Teruslah bersemangat ibu-ibu semua, kita harus giat dalam mendongkrak UKM. Walaupun kita semua sudah divaksin jangan pernah lengah terus menerapkan prokes apalagi keluar daerah mengingat saat ini di Kota Batam sudah ada virus varian baru B1617,” ingat Wagub Marlin.

Mudah-mudahan, kata Marlin, akan ada galeri-galeri yang akan dibuka ke depannya, semoga timbul perempuan yang bisa diberdayakan di Provinsi Kepri terutama Puan Jelita yang ada Kota Tanjungpinang.

Editor : Dwik