Pemerintah Daerah Provinsi Kepri melalui Dinas Pendidikan Provinsi Kepri berharap Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk SMA/SMK sederajat dapat berjalan dengan adil dan nyaman untuk berbagai kalangan.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Riau, M Dali. F.dwik

Hal ini disampaikan M Dali selaku kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepri, Jumat (28/5/2021). Menurutnya, Dinas Pendidikan tidak hanya memantau tapi penyelenggara PPDB tingkat provinsi, tentunya berharap PPDB 2021 dapat berjalan secara baik.

“Kita menerima masukan dari pihak mana pun untuk lebih baik dari tahun sebelumnya, serta mengharapkan dukungan dan kerjasama semua pihak,” kata Kadisdik Provinsi Kepulauan Riau, M Dali.

Bagi penyelenggara, Kadisdik mengingatkan agar berjalan secara baik dan jangan bermain-main PPDB yang dapat menimbulkan pelanggaran hukum nantinya.

“Karena kerja penyelenggara dan seluruh stakeholder dipantau oleh lembaga pengawasan,” ucapnya

Hanafi Ekra, Ketua Fraksi PKS DPRD Kepulauan Riau yang juga merupakan anggota Komisi IV merupakan mitra Dinas Pendidikan berharap Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Kepri bisa lebih baik lagi dibanding tahun sebelumnya yang dihadapkan dengan situasi pandemi saat ini.

PPDB akan dilakukan di bulan Juni-Juli nanti. Menurutnya, Di tahun lalu keluhan seputar kekurang siapan proses PPDB di masa COVID-19 dan tidak berfungsinya Unit Pengelola Pengaduan yang ada sehingga masyarakat merasa tidak terlayani dengan baik dan kehilangan hak untuk mendapatkan pelayanan dan penjelasan yang patut.

“Di tengah pandemi memaksa semua sekolah khususnya tingkat SMA untuk menyelenggarakan secara online atau daring. Untuk itu perlu persiapan yang matang tidak amburadul karena akses internet atau jaringan tidak memadai tentu tidak semua masyarakat bisa mengakses dan dinas pendidikan memperhatikan ini dengan serius. Dinas pendidikan mungkin bisa berkolaborasi dengan dinas kabupaten dan kota terkait data SMP yang ada,” sarannya.

Editor : Dwik