Pneumonia merupakan gangguan pernapasan yang banyak dialami oleh pasien COVID-19. Ternyata, penyakit ini bisa diredakan secara alami dengan 7 makanan enak.

Pnuemonia adalah kondisi di mana pernapasan terganggu yang disebabkan oleh inflamasi dari udara, virus atau bakteri yang masuk ke dalam saluran pernapasan. Pneumonia bisa terjadi hanya pada salah satu paru-paru atau bahkan keduanya.

Virus COVID-19 yang menyerang melalui saluran pernapasan juga menimbulkan gejala pneumonia yang dirasakan oleh penderitanya. Mulai dari sesak napas hingga kesulitan bernapas dan membutuhkan alat bantu napas.

Terkait pernapasan yang merupakan sistem penting pada tubuh, gangguan yang ada pada saluran pernapasan merupakan ancaman yang sangat berbahaya. Para ahli kesehatan selain menyarankan tindakan dan pengobatan medis juga menyarankan konsumsi beberapa bahan makanan padat nutrisi untuk bantu meredakan pneumonia.

Dilansir melalui Times of India (24/4) berikut 7 makanan yang dapat membantu meredakan pneumonia.

GandumFoto: iStock

1. Biji-bijian Utuh

Biji-bijian utuh mengandung karbohidrat yang sangat baik. Kandungan karbohidrat yang tinggi seperti ada nasi merah, oatmeal, gandum dan biji-bijian utuh lainnya dapat memberikan energi tambahan untuk tubuh.

Biji-bijian utuh juga memiliki kandungan vitamin B yang membantu memberikan energi tambahan serta mengatur suhu tubuh agar tetap stabil. Selain itu, biji-bijian utuh juga memiliki kandungan selenium yang sangat baik untuk mendukung imunitas.

2. Minum Banyak Air

Memenuhi kebutuhan air dalam tubuh saat mengalami penumonia menjadi hal yang paling disarankan oleh ahli kesehatan. Tidak hanya melalui air mineral berbagai cara sehat lainnya untuk memenuhi kebutuhan air dalam tubuh juga direkomendasikan.

Misalnya dengan konsumsi makanan kayak air seperti semangka dan melon, minum infused water dan cara-cara lainnya yang juga dapat membantu menambahkan nutrisi pada tubuh. Minum banyak air ini dikatakan mampu membantu mengeluarkan racun yang berbahaya dan partikel asing yang masuk ke dalam tubuh dan mengganggu pernapasan.

3. Makanan Tinggi Protein

makanan proteinFoto: iStock

Pola makan tinggi protein sangat baik untuk para penderita pneumonia. Makanan seperti kacang, biji-bijian, kacang tanah, daging putih dan ikan sangat baik untuk mengatasi inflamasi yang terjadi.

Makanan tinggi protein terbukti dapat menekan dan menurunkan inflamasi yang terjadi pada saluran pernapasan yang menyebabkan penumonia. Selain itu, protein juga dapat membantu memproduksi lapisan tisu dalam tubuh untuk menghalau bakteri dan virus baru ikut menyerang tubuh.

4. Sayuran Hijau

Sayuran hijau memiliki kandungan antioksidan yang sangat baik untuk meredakan inflamasi. Terutama sayuran seperti selada dan bayam dilengkapi dengan nutrisi yang dapat meredakan infeksi pernapasan.

Antioksidan merupakan nutrisi yang sangat dibutuhkan saat mengalami pneumonia. Meredakan inflamasi serta mengurangi infeksi dari virus dan bakteri akan membantu pernapasan cepat kembali normal.

5. Buah yang Asam

Ilustrasi Vitamin CFoto: iStock

Bukan hanya dapat menyembuhkan sariawan, buah yang asam dan tinggi vitamin C ini juga sangat baik untuk imunitas tubuh. Sistem imun yang kuat akan membantu tubuh untuk melawan virus dan bakteri yang masuk.

Buah yang asam seperti jeruk, lemon, kiwi, beri-berian memiliki kandungan vitamin C yang sangat baik dan direkomendasikan oleh para ahli kesehatan. Antioksidan dalam buah ini juga cukup tinggi dan dapat membantu pasien pneumonia mengalahkan virus dan bakteri yang pada pernapasannya.

6. Probiotik

Makanan-makanan yang difermentasi memiliki bakteri yang baik untuk tubuh yang bernama probiotik. Probiotik ini sangat baik untuk meredakan pneumonia yang disebabkan oleh infeksi patogen asing yang masuk ke dalam tubuh.

Probiotik dapat ditemukan pada produk olahan susu yang difermentasi seperti yogurt,kefir dan lainnya.Probiotik juga dapat membantu meningkatkan imunitas dengan cara meningkatkan bakteri baik pada usus

7. Madu

khasiat lemon dan maduFoto: iStock

Madu telah diketahui sebagai obat alami dari generasi ke generasi. Tidak hanya dikonsumsi secara langsung, madu juga seringkali dicampurkan dengan bahan herbal lainnya untuk memberikan efek dan manfaat kesehatan yang lebih efektif.

Madu dapat meredakan gejala seperti batuk-batuk dan penyumbatan pernapasan pada pasien pneumonia, Manfaat ini diberikan oleh madu karena kandungan antibakteri dan antimikrobanya yang sangat baik.

Editor : Aron
Sumber : detikfood