WhatsApp melengkapi aplikasinya dengan fitur telepon. Fitur telepon  WhatsApp berbeda dengan telepon reguler.

Melakukan panggilan telepon WhatsApp tidak menyedot pulsa reguler Anda, melainkan memakan kuota (data seluler), sementara pada telepon ponsel mengurangi jumlah pulsa.

Fitur telepon WhatsApp menolong banyak orang karena dapat menghemat banyak pulsa regular akan tetapi menjadi gangguan dalam situasi tertentu.

Pasalnya fitur telepon WhatsApp tidak dapat dinonaktifkan, sehingga akan mengganggu Anda saat bekerja, rapat, presentasi, dan lain sebagainya.

Meski demikian ada cara menonaktifkan panggilan WhatsApp yang bisa Anda coba sebagai alternatif. Pada tips tekno kali ini, uji coba menonaktifkan panggilan WhatsApp menggunakan ponsel Android keluaran 2018.

Aktifkan Fitur ‘Jangan Ganggu’ di Ponsel

Ponsel Android biasanya dilengkapi dengan fitur Jangan Ganggu. Fitur ini memungkinkan semua panggilan dan pesan disenyapkan sehingga tidak mengganggu aktivitas pemilik ponsel.

  1. Pada layar utama ponsel gulirkan ke bawah notifikasi bar.
  2. Kemudian geser ke kanan dan temukan opsi Jangan Ganggu yang dilambangkan dengan gambar dilarang masuk. (Ikon bisa berbeda tergantung merek ponsel yang Anda gunakan)
  3. Pada menu Jangan Ganggu pilih ops Rincian.
  4. Lalu pilih opsi Izinkan Pengecualian.
  5. Periksa opsi media, jika masih hidup ketuk toggle untuk menonaktifkan panggilan WhatsApp.

Saat fitur ‘Jangan Ganggu’ diaktifkan, ponsel tidak akan mengeluarkan getar dan bunyi. Karenanya Anda harus memeriksanya secara manual di selingan aktivitas kerja. Pembisuan ini berlaku untuk telepon regular juga.Menonaktifkan Nada Dering WhatsApp

Dalam percobaan yang dilakukan CNN Indonesia, cara ini tidak benar-benar menonaktifkan panggilan, namun hanya membisukan nada panggil WhatsApp.

  1. Buka aplikasi WhatsApp
  2. Ketuk ikon tiga titik vertikal di pojok kanan layar.
  3. Lalu pilih opsi Setelan kemudian pilih opsi Notifikasi.
  4. Pada bagian bawah menu ketuk opsi Nada Dering.
  5. Ketuk opsi tersebut dan pilih matikan atau Silent.

Itulah cara menonaktifkan panggilan WhatsApp tanpa bantuan aplikasi pihak ketiga dan mudah dilakukan.

Editor : Aron
Sumber : cnnindonesia