Pemerintah melarang masyarakat untuk melakukan kegiatan mudik pada Lebaran 2021 guna mencegah penyebaran virus corona. Bagi Anda yang tak bepergian dan kendaraan terparkir lama pastikan volume bensin dalam keadaan penuh atau paling tidak berada di batas tengah indikator.
Memang sebenarnya ketika indikator pada panelmeter mobil berada di E (emergency), masih ada sekitar 10 persen dari total volume tangki BBM. Namun menurut Technical Support Department Head PT Toyota Astra Motor (TAM), Didi Ahadi kebiasaan tersebut jangan sering dilakukan.
Menurutnya ketika tangki BBM sering kali di posisi res akan membuat tangki bahan bakar cepat kotor, dan akhirnya mobil sulit menyala dan bisa saja mengalami kerusakan.
“Kebiasaan seperti ini tidak merusak mobil serang langsung, tapi kotoran-kotoran yang ada di dalam tangki bisa terhirup naik. Meskipun ada filter bensin, tapi akan cepat kotor dan membuat suplai bensin tidak maksimal,” kata Didi kepada kumparan.
Lebih detail, Didi menjelaskan, ketika filter bensin kotor aliran bahan bakar yang disalurkan pada ruang bakar tidak akan lancar. Gejala yang akan ditimbulkan adalah putaran mesin tidak stabil hingga gas mobil brebet.
Ramai Foto Diduga Honda Vario 160, Ternyata Motor Tiruan dari China
Jika sudah begini mau tak mau harus melakukan penggantian filter bensin hingga pengurasan tangki BBM agar lebih maksimal.

Awas terjadi kondensasi

Isi Bensin Mobil Jangan Nunggu Indikator ke 'E', Ini Efek Buruknya (1)
Tangki bensin Foto: Citra Pulandi Utomo/kumparanOTO
Sementara menurut Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Bambang Supriyadi, mengatakan pemilik mobil kerap tidak memperhatikan volume bensin bisa mengalami penguapan (kondensasi) BBM dan ini berbahaya bagi ruang bakar.
“Jika volume bensin di tangki mobil kurang dari 1/4 bisa terjadi kondensasi yang menimbulkan air dan bikin macet atau mogok karena bensinnya tercampur air. Tangki juga bisa berkarat.
Isi Bensin Mobil Jangan Nunggu Indikator ke 'E', Ini Efek Buruknya (2)
Ilustrasi warga Iran isi bensin. Foto: REUTERS
Oleh sebab itu, Bambang menyarankan agar sebelum memarkirkan mobil dalam waktu yang lama, sebaiknya mengisi bensin secara penuh.
“Saat terparkir lama gitu bensin jangan dalam kondisi E . Kalau bisa bensin dalam kondisi full atau minimal 1/4-lah,” paparnya.
Ia menambahkan ketika tangki bensin dalam kondisi penuh, kondensasi tak akan terjadi karena terlalu ruang kosong pada tangki lebih sedikit.
Editor : Aron
Sumber : Kumparan