© Instagram.com/@naifband

Naif telah resmi bubar. Hal itu dijawab secara satu per satu oleh para personelnya dalam kesempatan yang berbeda. Setelah Emil mengungkapkan hengkangnya dirinya dari band, diikuti oleh Pepeng, kini giliran David yang buka suara terkait hal itu.

David Bayu mengumumkan bubarnya Naif dalam sebuah video yang diunggahnya di kanal YouTube miliknya. Dari video yang dilihat detikcom pada Senin (10/5/2021), David tidak menampik adanya permasalahan di tubuh Naif.

“Masalah harus ada. Kalau internal masalah itu selalu ada. Jangan pernah bilang hidup nggak ada masalah, malah lo nggak hidup. Kalau ada masalah internal, selalu ada. Kalau kita dibilang masalah internal, ada,” ujar David Bayu dalam video tersebut.

Meski demikian, dirinya tetap menganggap ketiga personel lainnya, yakni Emil, Pepeng, dan Jarwo adalah keluarganya. Baginya persahabatan dan rasa kekeluargaan yang telah terjalin di antara mereka berempat lebih berharga ketimbang Naif sebagai band.

“Gue selalu mengibaratkan ini keluarga sih, yang mana intinya gue, Emil, Pepeng, Jarwo itu ya keluarga inti. Ya, 25 tahun. Gue sama bini gue juga lebih dulu (kenal) Naif lah. Itu nilainya lebih tinggi daripada cuman Naif-nya. Dibilang Naif-nya bubar nggak apa-apa. Value tertingginya gue, Emil, Jarwo dan Pepeng itulah, nilainya lebih tinggi daripada Naif-nya, brotherhood-nya itu,” jelas David.

Ketika ditanyai adakah kemungkinan Naif melakukan reuni, pria kelahiran 29 Agustus 1976 itu mengaku belum dapat memastikan. Meski demikian, David tidak menutup kemungkinan bila suatu hari mereka bisa bersama lagi.

Naif, Hivi, dan RanNaif. Foto: Ismail/detikHOT

Akan tetapi dirinya mengatakan, untuk berkumpul bersama Emil, Pepeng dan Jarwo, ia tidak membutuhkan reuni Naif.

Dia kembali menegaskan bahwa dirinya dan tiga personel lainnya adalah keluarga. Sehingga, untuk persahabatan yang telah mereka jalin tetap harus terjaga meski tanpa Naif.

“Kalau sekarang untuk bertemu sangat sulit banget. Ngumpul sangat harus. Possibility (untuk reuni) ada, tapi gue nggak tahu,” ujarnya.

“Cuman valuenya adalah nilai yang lebih tinggi itu bukan Naif-nya, tapi gue, Pepeng, Jarwo, Emil family-nya. Itu yang lebih tinggi. Naif-nya mah nggak apa-apa udahan, brotherhood love-nya nggak boleh (terputus) cuman gara-gara satu yang kita agungkan nggak bisa dijalankan lagi,” sambung dia.

Editor : Aron
Sumber : detikhot