Kepang rambut kembali banyak digemari kalangan perempuan. Kepang rambut bisa memberikan kesan formal atau kesan santai, bergantung pada model kepangan yang digunakan. Namun, tahukah Anda mengepang rambut bisa menyebabkan kerusakan?

Ada beragam model rambut kepang yang bisa Anda pilih. Setiap model kepangan juga bisa disesuaikan dengan acara yang akan Anda kunjungi. Menurut Glamour, kepang ‘ekor ikan’ merupakan model yang paling mudah dibuat oleh pemilik rambut panjang. Kepangan dimulai dari pinggir kanan atau kiri rambut dan menjuntai hanya pada salah satu bahu.

Jika ingin yang lumayan sulit, coba model kepang kuncir kuda. Anda harus mengepang bagian depan rambut Anda hingga bagian belakang, dan menyisakan beberapa helai rambut yang tidak dikepang kemudian diikat ekor kuda.

Mengutip WebMD, kepang rambut dapat menyebabkan rambut rapuh. Model kepang rambut yang kuat dalam waktu lama bisa menyebabkan kerontokan rambut. Mengepang rambut saat basah juga semakin meningkatkan risiko kerusakan rambut.

Agar rambut tetap sehat meski dikepang seharian. Berikut tips yang bisa Anda lakukan menurut ahli kepang rambut, Vandy Vanity, mengutip Insider.

1. Bersihkan rambut

Sebelum mengepang rambut, sebaiknya cuci rambut terlebih dahulu dan menggunakan conditioner. Vandy juga menyarankan menggunakan hair detangler spray yang membantu mengatasi rambut kusut, terutama pada jenis rambut keriting.

2. Pastikan rambut kering

Sebelum mengepang rambut, pastikan rambut dalam keadaan kering. Rambut yang basah justru meningkatkan risiko kerusakan dan membuatnya mudah rontok.

3. Berikan moisturizer

Jika Anda termasuk pemilik rambut keriting yang menginginkan model kepang dalam durasi mingguan, maka berikan moisturizer pada rambut sebelum mengepangnya.

Anda bisa menggunakan coconut oil pada bagian tengah hingga bawah rambut. Pilih juga tipe moisturizer yang tidak perlu dibilas.

4. Kepangan tidak terlalu kuat

Rambut rontok setelah dikepang seharian biasanya disebabkan karena Anda mengikatnya terlalu kencang, atau kepangan terlalu kuat. Agar terhindar dari kerontokan, longgarkan tali ikat rambut Anda atau kepangan Anda sehingga rambut tidak tertarik kuat.

5. Gunakan masker rambut

Masker rambut baik untuk menutrisi rambut dari kerusakan. Anda bisa menggunakan masker alpukat untuk memulihkan rambut rapuh. Anda juga bisa menggunakan masker pisang untuk mengembalikan kekuatan alami rambut.

Editor : Aron
Sumber : cnnindonesia