Samsung Neo QLED. Foto: Samsung

Di 2021 ini, Samsung  menghadirkan jajaran televisi baru yang mereka sembut Neo QLED. Ada empat peningkatan utama yang diberikan raksasa teknologi asal Korea Selatan ini.

1. Sumber Cahaya Baru

Neo QLED membawa sumber cahaya baru yang mereka sebut Quantum Mini LED. Samsung merancang Quantum Mini LED dengan tinggi hanya 1/40 dari LED konvensional.

Quantum Mini LED mempersempit jarak optik, memberikan jalan agar desain televisi lebih modern dan ramping. Keuntungan lainnya memungkinkan televisi menampilkan warna hitam yang pekat sehingga menghindari potensi blooming.

Teknologi ini juga memberikan peningkatan contrast rasio secara dramatis. Ini dilakukan lewat peningkatan tingkat kecerahan pada objek kecil.

Selain itu Neo QLED membawa color volume 100% dari sebelumnya, sehingga mampu menampilkan warna dengan akurat dan cerah

Samsung Neo QLEDSamsung Neo QLED Foto: Samsung

 

2. Gradasi Warna Lebih Banyak

Samsung mengaplikasikan teknologi Quantum Matrix dengan mendongkrak gradasi 12-bit sehingga dapat mengontrol sumber cahaya. Ini berbeda jauh dari televisi konvensional yang masih menggunakan gradasi 8 atau 10 bit.

Alhasil dengan Quantum Matrix, membuat televisi Neo QLED mampu menampilkan warna abu-abu dengan sangat baik. Hal yang sama saat menampilkan adegan berwarna.

3. AI Upscaling

Samsung menyematkan Neo Quantum Processor pada televisi barunya yang meningkatkan kemampuan AI upscaling baik secara performa maupun kontras.

Neo QLED menggunakan Real-Time Image Quality Analysis Network. Fitur ini menganalisa konten yang masuk dari berbagai channel, resolusi, detail dan tingkat noise untuk upscale.

Dengan kemampuan deep-learning neural network telah ditingkatkan 16 kali dibandingkan tahun lalu membuat hasil upscale meningkat jauh dari sebelumnya. Bahkan konten resolusi SD bisa ditampilkan lebih detail dari televisi konvensional

Samsung Neo QLEDSamsung Neo QLED Foto: Samsung

4. Gaming

Samsung Neo QLED TV menyajikan pengalaman gaming terbaik bagi gamer kelas berat sekalipun, baik di PC maupun di konsol game. Fitur-fitur terbaru seperti Super Ultra Wide Game View, Auto Game Mode, menghadirkan performa yang sudah ditingkatkan, fitur motion graphic, pengurangan input lag, dan kualitas suara yang lebih penuh dan imersif, berkat teknologi AI.

Editor : Aron
Sumber : detikinet