Wali Kota Batam, Muhammad Rudi menghadiri langsung rapat koordinasi hasil Pilkada 2020 secara virtual bersama Presiden Jokowi. Rudi turut didampingi sejumlah Forkompinda Kota Batam.

Dalam arahanya Presiden Jokowi meminta agar ke depan penggunaan APBD daerah bisa fokus di beberapa sektor pembangunan. Dengan harapan hasilnya bisa dirasakan oleh masyarakat.

“Misalnya tahun pertama fokus jalan, setelah tuntas fokus pasar, kemudian sektor-sektor lainnya,” Kata Jokowi, Rabu (14/4).

Kemudian proporsi penggunaan APBD, antara belanja modal diharapkan dapat lebih besar daripada belanja pegawai. Karena itu kepala daerah harus memiliki inovasi untuk pembangunan daerah.

“Jangan hanya suka menunggu laporan saja, tapi harus cek langsung ke bawah agar benar-benar tahu kondisi di lapangan,” ujarnya.

Selain itu di tengah melemahnya ekonomi dampak pandemi Covid-19, diharapkan dapat mempermudah investasi dan memperbanyak program padat karya. Sehingga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi.

Jokowi juga mengingatkan bahwa sampai saat ini pandemi Covid-19 masih berlangsung. Karena itu, semua elemen diminta untuk terus disiplin melaksanakan protokol kesehatan, sambil terus mempercepat pelaksanaan vaksinasi.

Pada kesempatan itu, Presiden Jokowi juga turut memberikan ucapan selamat kepada seluruh Kepala Daerah hasil Pilkada 2020 yang sudah dilantik dan mulai bekerja melayani masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

“Laksanakan tugas dan amanah ini dengan baik,” pesannya.

Editor : Dwik