Musisi Maia Estianty kembali terinfeksi Covid-19 untuk kedua kalinya di mana dia meyakini tertular gara-gara berpelukan dengan seseorang yang ternyata positif Covid-19.

Berbeda dengan kasus sebelumnya, kali ini Maia mengaku mengalami gejala ringan berupa gatal di tenggorokan. Kabar baiknya, dia telah dinyatakan negatif setelah enam hari menjalani isolasi mandiri.

“Walaupun biasanya aku sangat jaga protokol, tapi ternyata aku ketemu orang yang kemudian aku peluk. Ternyata orang yang aku peluk ini positif,” katanya, Minggu (11/4/2021).

Ternyata pelukan diyakini bisa menularkan Covid-19 dengan dua cara. Pertama, lewat droplet secara langsung, mengingat jarak aman penularan lewat droplet adalah sekitar 1,6 meter, dan pelukan tidak mungkin dilakukan lebih jauh dari itu. Hal ini sebagaimana dikutip dari CTV News.

Kemungkinan kedua adalah penularan tidak langsung melalui kontak fisik.

“Saat Anda berpelukan, Anda relatif dekat face-to-face. Di sela bernapas, bicara, batuk, bersin, atau apapun yang bisa terjadi saat berpelukan, Anda bisa mengeluarkan droplet,” kata Zain Chagla, ahli infeksi dari McMaster University in Hamilton.

Sementara itu, untuk meminimalkan risiko, para pakar memberikan beberapa saran jika terpaksa harus berpelukan. Selain keduanya harus pakai masker, usahakan wajah menghadap ke arah yang saling berlawanan dan hindari saling menyentuhkan wajah maupun menyentuhkan wajah ke pakaian.

“Karena pada umumnya pelukan hanya berlangsung singkat, dan ‘singkat’ adalah benar-benar kunci, saya pikir selalu ada cara untuk menurunkan risiko hingga level yang saya kira bisa diterima, terutama mengingat berbagai manfaat berpelukan,” kata Lindsey Marr dari Virginia Tech di Blacksburg, dikutip dari New Scientist.

Editor : Aron
Sumber : cnbcindonesia