Barcelona mengamuk saat melakoni laga pekan ke-28 Liga Spanyol menghadapi Real Sociedad. Bermain di Reale Arena, Blaugrana menang telak 6-1 atas tim tuan rumah pada Senin (22/3) dini hari WIB.
Gol-gol Barcelona dicetak oleh Antoine Griezmann (37′), Sergino Dest (43′ & 53′), Lionel Messi (56′), Ousmane Dembele (71′), dan Lionel Messi (89′). Adapun gol pelipur lara Sociedad dicetak oleh Ander Barrenetxea (77′).
Kemenangan ini membawa Barcelona naik ke posisi kedua klasemen sementara La Liga dengan koleksi 62 poin. Sociedad harus puas ada di nomor lima dengan 45 angka.
Sociedad tampil dengan memasang duet Mikel Oyarzabal dan Alexander Isak di posisi terdepan. Dia dibantu Ander Guevara cs. yang siap mengirim bola dari lini tengah.
Barcelona meladeni dengan skema 4-3-3. Trio Ousmane Dembele, Lionel Messi, dan Antoine Griezmann menjadi ujung tombak serangan. Lalu, ada Frenkie de Jong, Sergio Busquets, dan Pedri bertugas.
Sociedad vs Barcelona: Messi Cemerlang, Blaugrana Lumat Tim Tuan Rumah 6-1 (1)
Sociedad vs Barcelona di Liga Spanyol. Foto: admin
Barcelona menebar ancaman lewat Messi sejak menit awal pertandingan. Namun, Sociedad mampu meladeni dengan baik dan bisa balik mengancam gawang Barcelona.
Kebuntuan baru pecah di menit 37. Griezmann berhasil membawa Barcelona unggul setelah mendapat bola muntahan dari tendangan Dembele.
Gol bermula dari aksi Jordi Alba mengirim bola ke arah Dembele yang langsung melepaskan tendangan ke gawang Sociedad. Kiper Remiro mampu menepisnya, tetapi bola mendarat ke arah Griezmann yang tanpa kesulitan menceploskannya ke dalam gawang.
Meski kebobolan, Sociedad tak patah semangat. Bahkan, mereka nyaris mencetak gol penyeimbang semenit usai gawangnya dirobek Barcelona. Namun, usaha Isak kandas di hadapan Ter Stegen.
Alih-alih mengejar, Sociedad malah kebobolan gol kedua menjelang turun minum. Adalah Sergino Dest yang membawa Barcelona unggul usai mendapat bola kiriman Messi di menit 43.
Sociedad tak bisa banyak bereaksi atas gol itu dan skor 2-0 untuk Barcelona bertahan sampai babak pertama selesai.
Barcelona langsung beraksi usai kembali dari ruang ganti. Tak perlu waktu lama mereka berhasil mencetak gol ketiga lewat aksi Dest di menit 53.
Alba punya peran penting dalam gol ini. Dia bisa menusuk ke dalam pertahanan Sociedad usai mendapat bola terobosan dari Pedri. Usai mendapat bola itu, Alba melesat meninggalkan dua bek Sociedad dan mengirim bola ke Dest.
Tiga menit kemudian gol kembali tercipta. Kali ini giliran Messi yang bikin gol setelah mendapat bola kiriman apik dari Sergio Busquets. Skor berubah menjadi 4-0.
Di menit 66, Barcelona kembali bikin gol lewat Dembele. Namun, gol dianulir karena penyerang itu ada dalam posisi offside. Meski demikian, Dembele berhasil memastikan dirinya masuk papan skor.
Dembele berhasil bikin gol kelima Barcelona di menit 71. Dia bisa membobol gawang Sociedad berkat bantuan Ilaix Kourouma Moriba.
Enam menit setelah gol Dembele, Sociedad bisa membobol gawang Barcelona. Gol dicetak oleh Barrenetxea di menit 77. Gol bisa tercipta berkat permainan kombinasi apik Barrenetxea dengan Carlos Fernández.
Menjelang laga berakhir, gol lagi-lagi tercipta. Messi kembali mencatatkan gol atas namanya di laga ini. Dia berhasil mencetak gol di menit 89 setelah mendapat bola dari Alba.
Gol itu menjadi yang terakhir di laga Sociedad vs Barcelona. Skor 6-1 untuk tim tamu bertahan sampai laga berakhir.
Editor : Aron
Sumber : kumparan