Tottenham Hotspur secara mengejutkan kalah 0-3 atas Dinamo Zagreb di leg kedua babak 16 besar Liga Europa. The Lilywhites pun tersingkir dengan agregat 2-3.

Tottenham menyambangi Stadion Maksimir, Zagreb, Jumat (19/3/2021) dini hari WIB, untuk melakoni leg kedua babak 16 besar Liga Europa. Anak asuh Jose Mourinho sedianya sudah di ambang kelolosan.

Tottenham datang ke Kroasia dengan keunggulan agregat 2-0, yang didapat dari kemenangan leg pertama. Di leg kedua, hasil imbang sebenarnya sudah cukup meloloskan Harry Kane dkk.

Namun di leg kedua, kekalahan telak justru ditelan wakil Liga Inggris. Tottenham dipermalukan 0-3 oleh Zagreb, lewat trigol Miroslav Orsic pada menit 62′, 83′, dan 106′.

Kekalahan tiga gol tanpa balas, membuat Tottenham menjadi kalah agregat 2-3 dari Zagreb. Tottenham pun kandas di babak 16 besar, gagal mengikuti jejak Arsenal, yang lolos dengan agregat 3-2.

Sementara bagi Zagreb, kemenangan ini diraih dengan gemilang, atas permasalahan yang melilit klub. Sebelumnya wakil Kroasia itu kena musibah, dengan pelatihnya yakni Zoran Mamic ditangkap polisi dan dipenjara, karena kasus penggelapan uang.

Kemenangan atas Tottenham diraih Zagreb, lewat polesan Damir Krznar, yang ditunjuk menjadi pengganti Mamic. Debutnya berbuah manis, dengan meloloskan Zagreb ke perempatfinal.

Jalannya Pertandingan

Tertinggal 0-2 di leg pertama, Zagreb bermain menekan sejak kick off. Ancaman demi ancaman ditebar ke gawang Tottenham.

Laga baru berjalan dua menit, peluang didapat Zagreb lewat Miroslav Orsic. Sepakan kaki kanan jarak jauhnya mengarah ke gawang, dan bisa diredam Hugo Lloris.

Tottenham sendiri cukup kesulitan berkembang. Beberapa kali upayanya bisa dipatahkan barisan belakang tuan rumah.

Sementara gempuran Zagreb belum berhenti. Namun, upaya anak asuh Damir Krznar juga banyak diblok Tottenham.

Peluang terbaik di babak pertama datang pada menit ke-43, dari Tottenham. Serge Aurier bisa menanduk bola kiriman Erik Lamela, namun arahnya masih melenceng ke sisi kanan gawang Zagreb. Hingga jeda, skor 0-0 tetap bertahan.

Di babak kedua, tekanan Zagreb belum surut. Peluang sempat didapat wakil Kroasia pada menit ke-53, lewat aksi Arijan Ademi, namun upayanya bisa diredam Lloris.

Gol! Tekanan Zagreb akhirnya berbuah keunggulan 1-0 pada menit 62, lewat Miroslav Orsic. Mendapat sodoran Lovro Majer, Orsic langsung melepaskan tendangan kaki kiri dari luar kotak, yang mengirim bola bersarang ke gawang Tottenham.

Unggul satu gol membuat Zagreb bersemangat. Beberapa peluang didapat lagi lewa Rasmus Lauritsen dan Kristijan Jakic, namun belum berbuah gol kedua.

Tottenham sesekali membalas. Di menit ke-71, Giovani Lo Celso melepaskan tendangan ke gawang Zagreb, namun masih bisa diatasi kiper lawan, Dominik Livakovic. Sementara peluang Lucas Moura dua menit berselang, masih melenceng.

Zagreb, yang terus menekan, akhirnya bisa menyamakan agregat menjadi 2-0 pada menit ke-83. Miroslav Orsic kembali menjebol gawang Tottenham, lewat tendangan dari dala, kotak penalti.

Skor agregat yang imbang bertahan hingga waktu normal habis. Alhasil, pertandingan harus dilanjutkan ke babak tambahan.

Di masa extra time itu, Zagreb bisa menambah keunggulan lagi. Setelah babak pertama extra time skor belum berubah, Zagreb menambah gol lagi di babak kedua.

Di menit ke-106, Miroslav Orsic kembali menjebol gawang Tottenham, untuk melengkapi hat-tricknya. Sepakannya dari luar kotak penalti lagi-lagi merobek gawang Lloris. Skor 3-0, Zagreb berbalik unggul agregat menjadi 3-2.

Di sisa waktu babak kedua extra time, Tottenham mau tak mau keluar menekan guna mencari gol, namun upaya Kane, Gareth Bale, hingga Carlos Vinicius tak ada yang merobek gawang Zagreb. Kekalaha 0-3 diterima Tottenham, sehingga wakil Premier League itu harus kandas dengan kekalahan agregat 2-3.

Susunan Pemain

Zagreb: Livakovic, Ristovski (Stojanovic 90′), Lauritsen, Theopile-Catherine, Franjic (Leovac 81′), Jakic (Atiemwen 75′), Ademi (Peric 117′), Orsic, Ivanusec, Majer (Gavranovic 82′), Petkovic (Misic 90′)

Tottenham: Lloris, Davies Reguilon 91′), Dier, Sanchez, Aurier (Bergwijn 107′), Winks (Ndombele 68′), Sissoko, Moura (Vinicius 85′), Alli (Lo Celso 68′), Lamela (Bale 60′), Kane

Editor : Aron
Sumber : detik