Mungkin tak banyak yang tahu nama Lou Ottens. Tapi tanpa dia, cara kita menikmati musik saat ini mungkin akan berbeda. Lou Ottens adalah sosok penting di balik penemuan pita kaset audio dan juga pengembangan CD. Kini Lou Ottens meninggal dunia di usia 94 tahun.

Surat kabar Belanda, NRC Handelsblad, mengabarkan bahwa Lou Ottens meninggal dunia di Duizel, Belanda. Tepatnya pada 6 Maret 2021 lalu, Lou Ottens dikabarkan mengembuskan napas terakhirnya.

Dia adalah sosok yang harus dikenang berkat penemuannya. Kelahiran Bellingwolde di tahun 1926 itu amat mencintai peralatan suara sejak usia muda. Hingga ketika remaja, dia pernah membuat perangkat radio sendiri untuk bisa mendengarkan siaran Radio Oranje.

Visi Lou Ottens membuatnya berusaha menciptakan sesuatu yang bisa membuat orang-orang mendengarkan musik dengan harga terjangkau, tanpa harus membawa gulungan pita besar. Di sanalah kemudian dia menciptakan pita kaset audio.

Lou Ottens pertama kali membuat prototipe pita kaset berbahan kayu berukuran saku. Bersama perusahaan Philips kala itu, dia mendaftarkan lisensi temuannya ke produsen lain secara gratis, lalu karyanya menjadi standar kaset yang digunakan di dunia.

Kaset pita pertama di dunia diperkenalkan oleh Lou Ottens pada tahun 1963. Cara orang mendengarkan musik pun bergeser dari radio ke kaset. Tak ada lagi iklan atau obrolan penyiar, hanya lagu yang disukai pendengar saja. Dari sanalah kemudian muncul pemutar kaset bernama Walkman yang pertama kali dikeluarkan oleh Sony.

Dari kaset, Lou Ottens juga ikut mengembangkan teknologi cakram atau CD ketika dia menjadi direktur audio di Philips ‘NatLab’. Setelah beberapa percobaan yang gagal dengan cakram analog, tim pengembangan memutuskan bahwa hanya ada satu solusi untuk pembawa suara bebas bising, yakni penyimpanan audio digital.

Tanpa Lou Ottens entah bagaimana jadinya dunia ini tanpa kaset dan CD. Dua hal yang buat para pecinta musik lumrah dimiliki meski memang punya masanya masing-masing. Audio CD masih eksis hingga kini lewat perilisan fisik para musisi meski dunia sedang beralih ke streaming.

Lou Ottens dibesarkan di Hilversum dan sudah menggilai dunioa sistem audio sejak muda. Dia bekerja di pabrik Philips di Hasselt, Belgia, pada tahun 1952, dan menciptakan tape recorder pertama Philips kala itu. Meski jasanya besar, dia tak pernah mengaku kaset dan CD adalah murni ciptaannya sendiri melainkan hasil kerja bersama.

 

Editor : Parna

Sumber : detiknews