Ikan sarden memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan. Meski pamornya tidak sebesar salmon, tapi manfaat yang dimiliki sarden sebenarnya tidak kalah.

Beberapa ahli diet bahkan menyarankan untuk makan lebih banyak sarden.

Berikut 5 alasan ikan sarden baik untuk kesehatan, menurut ahli diet.

1. Sumber omega-3 yang sangat baik

Menurut Harvard Health Publishing, di samping rasanya yang lezat, orang menyukai salmon karena asam lemak omega-3 EPA dan DHA – alias lemak tak jenuh yang memiliki sifat anti-peradangan, kadar trigliserida yang lebih rendah dan menjaga kesehatan jantung Anda.

Namun, menurut ahli diet yang juga penulis Read It Before You Eat It: Taking You from Label to Table, Bonnie Taub-Dix, sarden juga sumber omega-3 lain yang sangat baik dan diremehkan.

Berdasarkan Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), satu ekor sarden dapat mengandung 64 persen kebutuhan asupan omega-3 yang cukup dalam sehari.

2. Tinggi kandungan vitamin B12

Menurut Taub-dix, sarden juga sangat tinggi vitamin B12. Satu kaleng saja menyediakan sekitar 555 persen dari Daily Values (DV) atau kebutuhan harian Anda, berdasarkan acuan USDA.

Menurut National Institutes of Health (NIH), vitamin B12 memainkan peran besar dalam menjaga fungsi saraf tubuh dan pembentukan sel darah merah. Ini juga membantu tubuh Anda memecah dan menyerap protein dan lemak dalam tubuh.

3. Kandungan kalsium tinggi pada tulang

Sebagaimana dilansir dari LiveStrong, ada banyak kandungan kalsium dalam tulang sarden. Percaya atau tidak, tulang sarden benar-benar bisa dimakan, itulah sebabnya ikan ini merupakan pembangkit tenaga kalsium.

Satu kaleng sarden akan mengemas sekitar 44 persen dari DV kalsium Anda, sedangkan porsi salmon yang sama hanya menyediakan 1 persen dari DV, karena Anda tidak bisa makan tulang salmon.

4. Rendah kandungan merkuri

Anda mungkin pernah mendengar tentang bahaya merkuri bagi kesehatan. Merkuri adalah senyawa beracun yang tertanam dalam rantai makanan ikan.

Sarden umumnya lebih rendah merkuri daripada salmon, yang merupakan alasan bagus untuk menukar beberapa salmon Anda dengan alternatif ini.

Dibandingkan dengan semua makanan laut, sarden sebenarnya mengandung beberapa tingkat merkuri terendah dengan sekitar 0,013 bagian per juta (ppm) merkuri, menurut badan pangan AS (FDA). Sebagai perbandingan, salmon memiliki sekitar 0,022 ppm.

“FDA merekomendasikan untuk mengonsumsi tidak lebih dari 0,46 ppm merkuri per minggu,” kata Jim White, ahli diet dan spesialis kebugaran kesehatan ACSM.

“Oleh karena itu, aman untuk makan sekitar 32 kaleng sarden sebelum mengakumulasi racun merkuri dalam tubuh Anda.”

5. Kaya akan protein

Ikan dikemas dengan protein dan sarden tidak terkecuali. Satu kaleng sarden memiliki hampir 23 gram protein, jadi Anda bisa mengandalkan ikan kecil ini untuk membantu memenuhi kebutuhan protein harian Anda.

Terlepas dari sejumlah kandungan tersebut, salah satu hal terbaik tentang sarden adalah harganya jauh lebih murah daripada salmon.

Selain itu, sarden kalengan dapat disimpan di rak, yang berarti Anda dapat menyimpan tanpa harus segera memakan semuanya. Namun, Taub-Dix menyarankan agar saat Anda membeli sarden, perhatikan kandungan natriumnya.

“Beberapa sarden dikemas dalam air, sementara yang lain menyertakan saus yang bisa memberikan lebih banyak natrium daripada yang Anda kira,” katanya. “Bagaimanapun, Anda harus membaca label makanan dengan hati-hati untuk memeriksa kandungan natrium.”

Editor : Aron
Sumber : cnnindonesia