Ikan emas pakai pelampung. (Foto: Dok Caters News)
Seorang perempuan asal Inggris baru-baru ini menuai sorotan lantaran membuatkan jaket pelampung untuk ikan peliharaannya. Bukan tanpa sebab, ikan emas itu mengidap kelainan sehingga tidak bisa berenang.
Mengutip dari New York Post, cerita tersebut datang dari perempuan asal Birmingham, Inggris, Stacey O’Shea. Ia merancang sendiri pelampung berukuran kecil untuk menolong ikan emas tersebut.
Perempuan yang bekerja sebagai pengelola tempat perlindungan hewan peliharaan itu melihat ikan yang dititipkan pemiliknya tak bisa berenang dengan normal. Dari sana ia memutuskan untuk membuatkan ikan tersebut pelampung.
“Dia telah hidup di bagian bawah akuarium secara terbalik dalam waktu yang cukup lama,” ungkap Stacey.
Menjelaskan keadaannya, ikan tersebut tampak tenggelam dengan posisi terbalik di dasar akuarium. Malangnya, sang ikan tak bisa berenang ke atas lantaran mengalami kelainan kandung kemih yang tak bisa diobati.
Kondisi tersebut yang membuat sang pemilik ikan emas meminta bantuan dari Stacey. Menggunakan alat serupa tabung plastik untuk mengangkat ikan, dilengkapi polistirena berukuran kecil agar tidak sampai mengapung di permukaan.
Unik, Ikan yang Tak Bisa Berenang Ini Pakai Pelampung Biar Tidak Tenggelam (2)
Ikan hias di Pasar Ikan Jatinegara (Foto: Abdul Latif/kumparan)
Secara berkala, banyaknya polistirena yang dipasangkan pada pelampung harus diatur. Hal tersebut guna ikan emas tersebut nantinya bisa merasakan berenang seperti ikan kebanyakan.
Aksi viral Stacey dalam membuat alat pelampung ikan tersebut pun menuai perhatian. Kebanyakan yang menyebut dirinya berhasil meningkatkan semangat ikan serta keluarga pemiliknya.
Diketahui, organ kantung renang ikan mengandung oksigen yang sangat penting untuk menjaga daya apung ikan dalam air. Adapun masalah pada kantung renang ikan, menurut PetMD, bisa disebabkan lantaran kualitas air yang buruk, kebanyakan makan, atau stres.
Editor : Aron
Sumber : kumparan