Kayu manis Foto: Shutter Stock
Setiap ibu hamil perlu mengontrol asupan makanan yang dikonsumsi demi kesehatan Anda dan bayi di dalam kandungan. Termasuk dalam mengonsumsi rempah-rempah, seperti kayu manis.
Ya, aroma khas kayu manis sering kali kita temukan sebagai penambah rasa di dalam beberapa makanan, seperti kue dan makanan penutup. Rempah-rempah yang satu ini dikenal dengan sifat antioksidan, antidiabetik, anti-inflamasi, dan antimikroba. Lantas, bolehkah ibu hamil mengonsumsinya?
Jawabannya boleh, Moms. Dilansir Mom Junction, menurut penelitian yang dilakukan oleh Huntington College of Health Sciences pada tahun 2009, kayu manis aman dikonsumsi selama kehamilan asal dalam jumlah yang terkontrol. Misalnya, menggunakan kayu manis sebagai tambahan penyedap untuk minuman atau makanan penutup.
Menurut American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG), satu hingga enam gram kayu manis sehari dianggap aman untuk orang dewasa. Namun, tidak ada jumlah pasti yang direkomendasikan untuk ibu hamil. Jadi, mereka disarankan untuk mengambil kurang dari batas normal tersebut.

Manfaat Kayu Manis untuk Ibu Hamil

1. Baik untuk penderita diabetes gestasional
Manfaat Kayu Manis untuk Ibu Hamil  (1)
Ilustrasi Diabetes Gestasional pada Bumil Foto: Pixabay
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kayu manis berpotensi mengurangi kebutuhan insulin untuk wanita dengan diabetes gestasional. Diabetes gestasional terjadi ketika tubuh ibu hamil tidak mampu menghasilkan insulin yang cukup, sehingga kadar gula darah menjadi tinggi. Jadi, ibu hamil bisa mengonsumsi kayu manis untuk tetap mengontrol gula darahnya.
2. Menjaga tekanan darah
Tekanan darah tinggi atau hipertensi selama kehamilan tidak jarang terjadi. Mengonsumsi kayu manis dalam jumlah terbatas memiliki beberapa efek menguntungkan dalam menurunkan tekanan darah.
3. Meredakan mual dan muntah
Manfaat Kayu Manis untuk Ibu Hamil  (2)
Ilustrasi ibu hamil mual Foto: Shutterstock
Mual dan muntah adalah gejala kehamilan yang paling umum terjadi, terutama pada usia hamil muda. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Integrative Medicine, kayu manis yang digunakan dalam formulasi tertentu dapat meredakan gejala mual dan muntah pada ibu hamil. Beberapa ahli menyarankan agar ibu hamil mengonsumsi rempah ini dalam jumlah terbatas, yakni dua hingga empat gram bubuk sehari.
4. Menangkal radikal bebas
Kayu manis adalah rempah-rempah yang dikenal kaya akan antioksidan seperti polifenol. Antioksidan akan membantu melawan kerusakan kulit akibat paparan radikal bebas. Hal itu akan membantu meningkatkan kesehatan ibu serta janin di dalam kandungan.
Editor : Aron
Sumber : kumparan