Jennifer Jill dinyatakan negatif narkoba setelah dilakukan tes urine usai ditangkap dalam penyalahgunaan narkotika. Meski begitu, polisi tidak lantas yakin dengan hasil tes urine tersebut, mengingat adanya temuan 0,39 gram sabu di rumah Jennifer Jill.

Penyidik Polres Metro Jakarta Barat kemudian membawa Jennifer Jill ke Puslabfor untuk diuji spesimen rambut untuk melacak ‘jejak’ narkoba pada tubuh Jennifer Jill. Hasilnya sudah keluar pada Rabu (24/2) lalu dan dinyatakan positif mengandung methamphetamine.

“Hasil sudah kami peroleh, di mana hasil rambut tersebut adalah benar positif mengandung methamphetamine dari spesimen rambut JJ,” ujar Kanit I Satuan Narkoba Polres Metro Jakarta Barat AKP Arif Purnama Oktora, kepada wartawan di kantornya, Rabu (24/2/2021) kemarin.

Arif mengungkap, dalam pemeriksaan Jennifer Jill mengaku sudah lama tidak mengonsumsi narkotika. Namun, hasil uji spesimen rambut berkata lain.

“Keterangan yang sebelumnya adalah yang bersangkutan sudah lama tidak menggunakan. Artinya, ada perbedaan hasil dengan keterangan,” katanya.

Pernah Konsumsi Sabu Rentang 3 Bulan Terakhir

Arif kemudian menjelaskan soal perbedaan hasil tes urine dengan uji spesimen rambut Jennifer Jill. Jika pada hasil uji spesimen rambut Jennifer Jill positif narkoba, itu menandakan bahwa istri dari Ajun Perwira ini pernah mengonsumsi narkoba, setidaknya dalam kurun waktu 3 bulan.

“Jadi yang saya perlu sampaikan, durasi waktu dari pada spesimen rambut ini adalah satu sampai tiga bulan pemakaian. Artinya, dalam durasi waktu tersebut berarti yang bersangkutan memungkinkan telah menggunakan narkotika jenis sabu,” lanjut Arif.

Terkait temuan baru ini, penyidik Satuan Reserse Narkoba Polres Metro Jakarta Barat akan menggali kembali keterangan Jennifer Jill. Penyidik akan berfokus soal ‘jejak sabu’ di tubuh Jennifer Jill itu.

“Dengan adanya hasil temuan spesimen rambut ini yang positif, artinya kita tentu akan mengambil atau melengkapi keterangan-keterangan yang sebelumnya sudah diambil daripada saudari JJ. Memang ada perbedaan dan spesimen rambut ini akan dicocokkan dengan keterangan-keterangan yang ada nanti,” ungkapnya.

Ajun Perwira Bakal Diperiksa

Dengan adanya temuan sabu pada tubuh Jennifer Jill ini, polisi membuka kemungkinan untuk memeriksa kembali Ajun Perwira.

“Kemungkinan kami akan mengambil keterangan lanjutan,” ucap Arif Oktora.

Hanya saja, Arif belum mengungkap kapan Ajun Perwira akan diperiksa kembali. Arif mengatakan, penyidik saat ini masih berfokus menggali keterangan dari Jennifer Jill.

“Nanti. Kami, setelah ada hasil keterangan terkait penemuan spesimen ini, kami akan mengambil langkah-langkah lanjutan. Nanti Akan diinformasikan lagi,” terang Arif.

Jennifer Jill Kooperatif

Pemeriksaan terhadap Jennifer Jill terus berlanjut setelah hasil uji rambut keluar. Selama pemeriksaan ini, Jennifer Jill dinilai kooperatif.

“Kondisi JJ secara umum kesehatannya baik dan sudah cukup kooperatif,” imbuh Arif.

Kasus ini bermula ketika penyidik Satuan Narkoba Polres Metro Jakarta Barat mendapati 0,39 gram sabu di lemari di rumah Jennifer Jill di kawasan Ancol, Pademangan, Jakarta Utara pada Selasa (16/2/2021) lalu. Philo, anak Jennifer Jill yang saat itu menyaksikan penggeledahan, mengaku bahwa barang haram itu milik Jennifer Jill.

Kaji Pasal Tambahan

Jennifer Jill sebelumnya telah ditetapkan sebagai tersangka kasus kepemilikan sabu 0,39 gram. Atas kepemilikan sabu itu, Jennifer Jill dijerat dengan Pasal 112 UU Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

Kemudian, dengan adanya temuan ‘jejak’ narkoba di tubuh Jennifer Jill ini, polisi akan mengkaji lebih lanjut apakah Jennifer Jill dapat dijerat pasal tambahan.

“Terkait adanya pengajuan pasal tambahan nanti untuk langkah selanjutnya setelah diperoleh hasil keterangan yang valid,” ujar Kanit 1 Narkoba Polres Metro Jakbar AKP Arif Purnama Oktora di Polres Metro Jakarta Barat, Rabu (24/2/2021).

Sebelumnya diberitakan, penyidik menemukan 0,39 gram sabu di rumah Jennifer Jill. Pengakuan Philo ini diperkuat oleh pernyataan Jennifer Jill yang mengakui barang itu adalah miliknya. Selanjutnya, Jennifer Jill yang saat itu sedang bersama Ajun Perwira diamankan di Senopati, Jakarta Selatan.

Ketiganya lalu dites urine dan hasilnya dinyatakan negatif. Philo dan Ajun Perwira kemudian dipulangkan pada Rabu (17/2) malam setelah hasil tes urine keduanya dinyatakan negatif.

Namun Jennifer Jill ditahan dan ditetapkan sebagai tersangka atas kepemilikan sabu tersebut. Hingga saat ini Jennifer Jill masih ditahan di Polres Metro Jakarta Barat.

Editor : Aron
Sumber : detik