Operasi buaya bernama Anuket yang menelan sepatu. Foto: University of Florida College of Veterinary Medicine
Seekor buaya bernama Anuket yang tinggal di Taman Zoologi Peternakan Buaya St. Augustine, Florida, AS, terpaksa harus naik ke meja operasi lantaran menelan sepatu milik pengunjung. Operasi penyelamat buaya air tawar ini berlangsung menegangkan.
Dilaporkan New York Post, Anuket yang memiliki berat sekitar 154 kilogram dan panjang 3,5 meter menelan sepatu seorang pengunjung kebun binatang pada bulan Desember 2020 lalu. Para pengunjung yang datang ke kandang Anuket menyaksikan buaya itu melahap sepatu, lalu memuntahkannya, kemudian memakannya lagi.
Selama hampir tiga bulan sepatu pengunjung tersebut bersarang di dalam perut buaya. Upaya petugas kebun binatang untuk mengeluarkan sepatu itu, tanpa membedah buaya terbukti tidak berhasil.
Buaya Sepanjang 3 Meter Harus Dioperasi Gara-gara Telan Sepatu Pengunjung (1)
Operasi buaya bernama Anuket yang menelan sepatu. Foto: University of Florida College of Veterinary Medicine
Petugas kebun binatang bernama Garrett Fraess awalnya mencoba meraih sepatu dengan lengannya melalui kerongkongan buaya, yang mulutnya diangkat ke atas, tetapi tidak berhasil. Akhirnya, upaya untuk melakukan operasi harus dilakukan, karena sepatu itu tidak akan bisa dicerna perut sang buaya. Jika tidak segera diangkat sepatunya, maka akan membahayakan nyawa Anuket ke depannya.
Tim medis kebun binatang kemudian membawa Anuket untuk operasi, dan ditangani oleh Dr. Adam Biedrzycki, seorang ahli bedah hewan. Setelah menyadari bahwa sepatu itu dimasukkan terlalu dalam, Biedrzycki kemudian mencoba menggeser sepatu tersebut lebih jauh ke perut Anuket, melalui sayatan kecil di perut.
Buaya Sepanjang 3 Meter Harus Dioperasi Gara-gara Telan Sepatu Pengunjung (2)
Operasi buaya bernama Anuket yang menelan sepatu. Foto: University of Florida College of Veterinary Medicine
Upaya Biedrzycki dan koleganya sekali lagi hanya bisa menjangkau melalui tenggorokan dan tidak berhasil. Akhirnya, pada 5 Februari lalu, Anuket menjalani operasi dengan metode Gastrostomi, yaitu prosedur untuk membuat lubang sebagai jalur masuk bagi sebuah tabung yang menghubungkan lambung dengan kulit.
Upaya itu akhirnya berhasil dan membuat sepatu yang penuh lumpur dapat dikeluarkan dari dalam perut Anuket.
“(Dr Adam) Biedrzycki melakukan gastrotomi yang memungkinkan akses lebih mudah ke perut buaya sehingga sepatu bisa dikeluarkan,” tulis pernyataan Universitas Florida College of Veterinary Medicine dalam unggahan Facebook.
Kini kondisi Anuket sudah pulih pasca-operasi dan penjaga kebun binatang pun merasa senang, karena buaya air tawar itu baik-baik saja.
Editor : Aron
Sumber : kumparan