Petugas menjelaskan cara membuat pelaporan SPT Tahunan PPh Pajak Orang Pribadi dengan sistem online (E-Filing) kepada warga wajib pajak di Kantor Pelayanan Pajak Pratama (KPP) Madya Jakarta, Jakarta Pusat, Selasa (28/3). Direktorat Jenderal Pajak (Ditjen Pajak) terus meningkatkan layanan pada hari terakhir program pengampunan pajak atau tax amnesty, dengan tetap membuka layanan pada libur Hari Raya Nyepi termasuk melayani wajib pajak untuk melaporkan surat pemberitahuan tahunan (SPT) pajak. ANTARA FOTO/Reno Esnir/ama/17.
Bagi wajib pajak yang hendak menyampaikan laporan SPT pajak Tahunan PPh Orang Pribadi khusus untuk Karyawan Swasta, anda dapat mengisi dan menyampaikan laporan SPT secara online tanpa harus datang ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) yaitu anda cukup mengakses pada aplikasi e-Filing di DJP Online.
Untuk jenis SPT 1770SS dan 1770S disediakan formulir pengisian langsung pada aplikasi e-Filing. Apa itu SPT 1770SS dan 1770S?
Formulir SPT 1770SS (SPT Tahunan PPh Sangat Sederhana) adalah bagi anda seorang pegawai atau karyawan yang dalam satu tahun penghasilan brutonya tidak melewati nominal 60 Juta. Sedangkan formulir 1770S (SPT Tahunan PPh Sederhana) adalah bagi anda seorang pegawai atau karyawan yang dalam satu tahun penghasilan brutonya di atas atau telah melewati 60 juta.
Hal pertama yang harus anda siapkan adalah memastikan anda telah memiliki EFIN (Electronic Filing Identification Number), adalah nomor identitas yang diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Pajak (Ditjen Pajak) kepada Wajib Pajak yang melakukan transaksi elektronik dengan Ditjen Pajak, seperti lapor SPT melalui e-Filing dan pembuatan kode billing pembayaran pajak.
Langkah Kedua, anda harus menyiapkan dokumen. Dokumen apa saja yang harus dipersiapkan?
Cara Isi SPT Pajak Online untuk Pegawai (1)
Ilustrasi pelaporan SPT Pajak Tahunan. Foto: Nugroho Sejati/kumparan
Karena anda adalah seorang pegawai atau karyawan swasta maka anda harus menyiapkan dokumen yang namanya bukti potong pajak PPh Ps 21 yaitu formulir 1721 A1 yang diperoleh dari tempat anda bekerja.
Langkah Ketiga, Masuk ke situs djponline.pajak.go.id atau efiling.pajak.go.id, masukkan NPWP dan password, masukkan kode gambar CAPTCHA. Lalu klik “Login”, untuk lapor pajak SPT formulir 1770SS adalah sangat sederhana dan simpel, maka dari itu kami memberikan petunjuk untuk SPT formulir 1770S saja, berikut adalah contoh lapor SPT Pegawai atau Karyawan swasta formulir 1770S.
Setelah berhasil login, lalu pilih layanan e-filing dan klik buat SPT, Untuk mengisi formulir 1770 S, Anda akan diminta untuk menjawab seluruh pertanyaan yang ada.
Jika ada pertanyaan apakah anda suami atau istri yang menjalankan kewajiban perpajakan terpisah (MT) atau pisah harta? Pilih jawaban “Tidak” (jika memang tidak).
Jika ada pertanyaan apakah penghasilan Bruto yang anda peroleh selama setahun kurang dari 60 juta rupiah? Pilih jawaban “Tidak”.
Setelah anda berhasil menjawab pertanyaan di atas, maka anda akan dihadapkan pada dua pertanyaan yaitu mengisi SPT dengan bentuk formulir ataukah mengisi SPT dengan Panduan?
Bagi anda yang belum familiar, maka kami menyarankan untuk memilih opsi mengisi SPT dengan panduan, bagi anda yang baru pertama kali mengisi SPT untuk tahun pajak tersebut misalnya tahun pajak 2020 maka pilih status “SPT Normal”, tetapi jika anda yang telah melakukan lapor SPT dan telah menerima bukti pelaporan SPT dan akan melakukan perbaikan atau revisi maka anda pilih status “Pembetulan”, kemudian isi data SPT sesuai data formulir 1721 A1 yang anda miliki, klik daftar pemotongan atau pemungutan PPh oleh pihak lain dan PPh yang ditanggung pemerintah.
Langkah berikutnya masukkan jumlah penghasilan neto dalam negeri sehubungan dengan pekerjaan, kemudian masukkan harta yang dimiliki saat ini dengan menjawab dahulu pertanyaan: “Apakah Anda memiliki harta? Jawab, “Ya“, begitu pula jika anda mempunyai utang, maka dapat di ini pada halaman selanjutnya. Pastikan angka nominal pada formulir bukti potong PPh Ps 21 yaitu 1721 A1 telah di input dengan benar ke dalam formulir SPT 1770S.
Langkah berikutnya anda harus membuka email, di mana email tersebut adalah email yang digunakan oleh anda saat mendaftar atau melakukan registrasi di djponline. Setelah klik selesai maka anda akan mendapatkan kode Verifikasi yang dikirim ke email anda. Masukkan kode verifikasi tersebut ke dalam halaman efilling yang sedang anda buka saat itu, setelah diinput dan klik kirim, anda cek kembali ke email anda pastikan Bukti Penerimaan Elektronik (BPE-biasanya berwarna biru) SPT sudah masuk ke email anda. Dengan masuknya email tersebut maka proses Laporan SPT pajak Pribadi anda telah selesai.
Editor : Aron
Sumber : kumparan