Hujan deras yang mengguyur sejak Jumat (19/2) dini hari menyebabkan banjir sejumlah wilayah di Bekasi, Jawa Barat.

Salah satunya di kawasan Perumahan Antilope, Jaticempaka, Pondok Gede dengan ketinggian mencapai 60-70 centimeter pada Jumat pagi.

Berdasarkan laporan warga, Gilang, genangan air mulai muncul pukul 04.00 WIB. Air terus meninggi hingga 70 centimeter atau setinggi paha orang dewasa.

Sementara itu banjir juga merendam Kompleks Duta Indah yang juga berada di kawasan Pondok Gede, Bekasi.

Beberapa rumah di kompleks tersebut terendam banjir dengan ketinggian bervariasi hingga 50 centimeter.

Dari laporan warga, Nova, hujan baru mulai reda sekitar pukul 05.00 WIB pagi tadi. Namun hingga kini genangan air tak kunjung surut.

Daerah lain di Bekasi terpantau banjir antara lain di kawasan Rawa Lumbu, Jalan Bintara Raya, dan Pondok Surya Mandala Bekasi Selatan. Banjir terpantau berdasarkan laporan warga di media sosial.

Banjir pagi ini juga terpantau di sejumlah titik di Jakarta, seperti di kawasan Kemang, Bukit Duri, Kampung Makasar, Cengkareng, hingga Pondok Kopi. Ketinggian air pun bervariasi mulai dari 20 sentimeter hingga lebih dari 50 centimeter.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini yang menyatakan sejumlah daerah di Indonesia masuk kategori siaga dan waspada bencana banjir dampak hujan lebat. Jakarta masuk dalam kategori waspada.

Peringatan dini ini berlaku mulai Jumat (19/2) hingga Sabtu (20/2).

Editor : Aron
Sumber : cnnindonesia