Banyak tanaman yang berguna untuk tubuh terutama dalam hal pengobatan. Tanaman obat dengan kata lain herbal ini ternyata ada ribuan spesiesnya.

Fakta terakhir, Indonesia memiliki 9.000an spesies obat herbal yang memiliki manfaat banyak untuk kesehatan.

Apa saja nih tanaman obat-obatan yang bisa ditanam sendiri di rumah dan memberikan khasiat oke untuk kesehatan?

Berikut 7 tanaman yang bisa ditanam di rumah dan berfungsi sebagai obat-obatan dilansir dari SehatQ.

Jahe (Photo by Joris Neyt from Pexels) Foto: Jahe (Photo by Joris Neyt from Pexels)

1. Jahe

Jahe mampu mengatasi gangguan pencernaan, seperti sakit perut dan mual-muntah, pusing akibat vertigo, sakit kepala, meringankan nyeri haid, hingga meredakan nyeri sendi, seperti rematik dan osteoarthritis.

2. Kunyit

Manfaat kunyit bagi kesehatan mulai dari fungsinya sebagai antiradang dan antioksidan, menjaga kesehatan sistem pencernaan, menurunkan kolesterol, menurunkan kadar gula darah, mengurangi risiko penyakit jantung, hingga membantu mencegah kanker.

3. Lengkuas

Beberapa manfaat lengkuas bagi kesehatan adalah sebagai antioksidan, mengurangi nyeri dan peradangan, melawan infeksi, meningkatkan kesuburan pria, serta berpotensi sebagai antikanker.

4. Kencur

Sebagai obat tradisional populer, kencur juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Di antaranya sebagai penambah nafsu makan dan penambah stamina tubuh, memperlancar haid bagi wanita, serta mengatasi gangguan kesehatan, seperti flu, masuk angin, diare, batuk, sakit kepala, dan radang lambung.

5. Temulawak

Temulawak adalah jenis obat tradisional yang dapat digunakan untuk mengatasi gangguan pencernaan, seperti irritable bowel syndrome (IBS), perut kembung setelah makan, dan gangguan lambung. Temulawak juga seringkali dipakai sebagai penambah nafsu makan.

6. Kemangi

Beberapa manfaat daun kemangi bagi kesehatan adalah meringankan perut kembung, meningkatkan nafsu makan, hingga mengobati luka goresan pada kulit.

7. Jeruk Nipis

Jeruk nipis mengandung vitamin C dan antioksidan yang baik untuk kesehatan tubuh.Mengonsumsi air jeruk nipis secara rutin dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi risiko faktor penyakit jantung, mencegah batu ginjal, membantu penyerapan zat besi, dan meningkatkan kesehatan kulit.

Editor : Aron
Sumber : cnbcnindonesia