Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mempertimbangkan opsi untuk menunda pelantikan Bupati Sabu Raijua terpilih Orient P. Riwu Kore. Hal itu menyusul status Orient sebagai warga negara Amerika Serikat.

Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kemendagri Akmal Malik mengatakan hal itu masih berupa opsi. Namun, Kemendagri akan mengkajinya dalam waktu dekat.

“Bawaslu mengusulkan kepada KPU untuk dilakukan penundaan pelantikan. Tentunya usulan Bawaslu ini menjadi bahan kepada pimpinan, kepada Bapak Menteri bahwa agar Pak Menteri mengambil keputusan yang tepat,” kata Akmal dalam jumpa pers daring di akun Instagram Kemendagri, Kamis (4/2).

Sehingga, Kemendagri butuh waktu untuk menyelesaikan persoalan ini. Opsi penundaan jadi hal yang akan dipertimbangkan.

“Agar nanti ketika proses pilkada ini selesai dan bermuara pada pengesahan penetapan paslon melalui keputusan menteri dalam negeri, tidak menimbulkan masalah di kemudian hari,” ujarnya.

Akmal menyampaikan akhir masa jabatan Bupati Sabu Raijua jatuh pada 17 Februari mendatang. Kemendagri akan mempercepat pengambilan keputusan sebelum tanggal itu.

Sebelumnya, status kewarganegaraan Bupati Sabu Raijua terpilih Orient P. Riwu Kore jadi polemik. Ia dinyatakan sebagai warga negara Amerika Serikat usai ditetapkan sebagai pemenang pilkada.

Padahal, salah satu syarat mutlak di UU Pilkada adalah setiap calon berkewarganegaraan Indonesia. Aturan itu tercantum pada pasal 7 UU Nomor 10 Tahun 2016.

Kedutaan Besar Amerika Serikat menyatakan Orient sebagai warga negara mereka lewat surat resmi pada 1 Februari 2021.

Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh menyebut awalnya Orient berstatus WNI. Namun kemudian, Orient memiliki paspor Amerika Serikat. Dengan kata lain, ia memiliki kewarganegaraan AS.

Dalam Pilkada Serentak 2020, Orient-Uly meraih 48,3 persen suara sah berdasarkan Sirekap KPU.

Mereka mengalahkan dua paslon lainnya, yakni pasangan petahana Nikodemus N Rihi Heke-Yohanis Uly Kale dan pasangan Takem Irianto Radja Pono-Herman Hegi Radja.

Orient dan pasangannya pun telah ditetapkan sebagai Bupati dan Wakil Bupati Sabu Raijua terpilih.

Editor : Aron
Sumber : cnnindonesia