Menghiasi rumah tak harus dengan pajangan dan furnitur yang mewah. Anda juga bisa menggunakan bunga atau tanaman hias untuk mendekorasi rumah.

Bukan hanya cantik, tanaman hias ini juga disinyalir membawa keberuntungan dan kemakmuran hidup bagi pemiliknya. Berikut adalah tanaman hias pembawa keberuntungan di tahun Kerbau Logam ini, dikutip dari HaiBunda:

1. Anggrek oncidium

Dikenal pula sebagai dancing lady, tanaman ini memiliki bentuk bunga yang khas. Tanaman hias bunga ini memiliki banyak bunga yang melambai ketika tertiup angin, karena itu anggrek oncidium disebut dancing lady atau wanita menari.

Karakteristik tanaman hias ini terletak pada kelopak bunga kuning mungil yang terlihat seperti koin emas. Menariknya, karena bentuknya yang indah ini lah anggrek oncidium dipercaya sebagai simbol kesuburan dan kelimpahan.

Anggrek Oncidium (Image by gsibergerin from Pixabay)Foto: Anggrek Oncidium (Image by gsibergerin from Pixabay)
Anggrek Oncidium (Image by gsibergerin from Pixabay)

2. Anggrek bulan

Ini merupakan tanaman yang populer karena bunganya indah.

Disebut juga hu die lan dalam bahasa Mandarin, tanaman ini memiliki kelopak yang unik menyerupai sayap kupu-kupu. Selain cantik, anggrek ini juga memiliki makna simbolis yang baik, yakni melambangkan kebahagiaan, musim semi, vitalitas dan umur panjang.

Tak hanya itu, mereka juga memiliki aroma harum yang semerbak. Sementara sebagai penunjang hidupnya, anggrek bulan perlu diletakkan di tempat yang memiliki cahaya sinar matahari cukup nih.

Anggrek Bulan (Image by Dizzy Roseblade from Pixabay )Foto: Anggrek Bulan (Image by Dizzy Roseblade from Pixabay )
Anggrek Bulan (Image by Dizzy Roseblade from Pixabay )

3. Red cymbidium

Red cymbidium disukai karena bunga mekarnya yang besar nan anggun. Sesuai namanya, bunganya memiliki warna merah yang gelap.

Tanaman hias bunga ini telah dibiakkan secara khusus untuk kondisi tropis, sehingga cocok jika dirawat di lingkungan Indonesia. Selain itu, warna bunganya yang indah akan terus konsisten dan tidak akan memudar sampai kapan pun.

4. Adenium

Disebut juga fu gui hua dalam bahasa Mandarin, adenium menjadi pilihan populer selama periode perayaan karena batangnya yang bengkak melambangkan kekayaan.

Kamboja Jepang dipercaya bahwa semakin besar batang basal, maka semakin banyak kemakmuran yang didapat.

Akan tetapi tak hanya makna simbolisnya yang menarik, tanaman hias bunga ini juga disukai karena bunganya yang cantik.

Adenium (Image by Noelia Secret from Pixabay)Foto: Adenium (Image by Noelia Secret from Pixabay)
Adenium (Image by Noelia Secret from Pixabay)

5. Bambu hoki

Tanaman hias ini disebut-sebut sebagai simbol kekuatan China. Biasanya tanaman ini dihiasi pita merah dan ornamen keberuntungan.

Menariknya, jumlah batang bambu dalam satu pot melambangkan makna berbeda. Misalnya, dua diartikan sebagai ungkapan cinta, tujuh berarti kesehatan yang baik, sedangkan sembilan berarti kekayaan.

Selain itu bambu hoki adalah tanaman yang relatif mudah dirawat. Tanaman hias ini akan tumbuh subur di rumah yang dipenuhi cahaya. Akan tetapi, rotasikan tanaman hias sesering mungkin agar cahaya mencapai seluruh tanaman secara merata.

Bambu hoki (Image by PublicDomainPictures from Pixabay)Foto: Bambu hoki (Image by PublicDomainPictures from Pixabay)
Bambu hoki (Image by PublicDomainPictures from Pixabay)
Editor : Aron
Sumber : kumparan