Bayam adalah salah satu pilihan ‘superfood‘. Anda bisa mendapatkan banyak manfaat bayam bagi kesehatan.

Bayam sarat akan nutrisi yang berlimpah dan rendah kalori. Sayuran hijau gelap seperti bayam penting untuk kesehatan kulit, rambut, dan tulang.

Bayam juga menyediakan kandungan protein, zat besi, vitamin, dan mineral. Ada pula kandungan vitamin K, serat, fosfor, dan tiamin di dalamnya.

Anda bisa menyajikan bayam dalam berbagai menu hidangan.

Mengutip berbagai sumber, berikut manfaat bayam bagi kesehatan.

1. Mengontrol diabetes

Bayam mengandung antioksidan yang dikenal dengan asam alfa-lipoat. Mengutip Medical News Today, senyawa antioksidan satu ini telah terbukti mampu menurunkan kadar glukosa darah, meningkatkan sensitivitas insulin, dan mencegah perubahan oksidatif akibat stres pada pasien diabetes.

2. Mencegah kanker

Bayam dan sayuran hijau lainnya mengandung klorofil. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa klorofil efektif dalam memblokir efek karsinogenik (mendorong pertumbuhan kanker) yang didapat dalam makanan yang dipanggang dengan suhu tinggi.

3. Mencegah asma

Sebuah penelitian terhadap 433 anak penderita asma dan 537 anak tanpa asma menunjukkan bahwa risiko terkena asma lebih rendah pada orang yang mendapatkan asupan beta-karoten. Bayam menjadi sumber beta-karoten yang sangat baik.

4. Menurunkan tekanan darah

Dengan kandungan kaliumnya yang tinggi, bayam direkomendasikan untuk penderita tekanan darah tinggi.

Kalium dapat membantu mengurangi efek natrium pada tubuh. Asupan kalium yang rendah dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi.

5. Menjaga kesehatan tulang

Asupan vitamin K yang rendah meningkatkan risiko patah tulang. Bayam menjadi salah satu sayuran yang mengandung vitamin K. Vitamin ini bertindak dalam mengubah protein matriks tulang dan meningkatkan penyerapan kalsium.

ilustrasi patah tulangIlustrasi. Salah satu manfaat bayam untuk kesehatan didapat dari kandungan vitamin K di dalamnya yang berfungsi menjaga tulang tetap sehat. (iStockphoto/Chinnapong)

6. Menjaga pencernaan

Bayam kaya akan serat dan air. Keduanya membantu mencegah sembelit dan meningkatkan kesehatan saluran pencernaan.

7. Menjaga kesehatan otak

Sifat anti-inflamasi yang dimiliki bayam membuatnya menjadi salah satu asupan yang dapat membantu melindungi otak, terutama yang terkait dengan proses penuaan.

Mengutip Health, sebuah penelitian melacak pola makan dan kemampuan kognitif lebih dari 950 kelompok dewasa tua selama lima tahun. Penelitian melihat adanya efek dari konsumsi sayuran hijau seperti bayam terhadap kemampuan kognitif.

8. Menjaga kesehatan mata

Salah satu senyawa antioksidan di dalam bayam yang disebut lutein telah terbukti ampuh dalam mengurangi risiko degenerasi makula terkait usia (AMD). Penyakit mata satu ini dapat mengaburkan penglihatan sentral yang tajam. AMD adalah penyebab utama kehilangan penglihatan bagi orang-orang berusia 50 tahun ke atas.

Sebuah penelitian di Jepang menemukan, asupan bayam kaya lutein dapat meningkatkan ukuran kepadatan optik pigmen makula yang dapat mencegah AMD.

9. Mencegah anemia

Anemia adalah salah satu masalah kesehatan paling umum yang terjadi di masyarakat. Anemia umumnya disebabkan oleh defisiensi zat besi.

Mengutip Live Science, konsumsi makanan kaya zat besi seperti bayam dapat membantu mencegah anemia. National Heart, Lung, and Blood Institute bahkan secara resmi merekomendasikan konsumsi bayam sebagai bagian dari pencegahan anemia.

10. Menjaga kehamilan

Asam folat pada bayam punya peran penting selama masa kehamilan. Asam folat dapat membantu mencegah cacat tabung saraf yang umum terjadi pada usia awal kehamilan.

Bayam dapat membantu meningkatkan asupan asam folat ibu hamil.

Konsumsi bayam agar mendapatkan beragam manfaat kesehatan yang diberikan.

Editor : Aron
Sumber : cnnindonesia