Foto: Getty Images/iStockphoto/Milan Krasula/Jumlah Kalori Alpukat, Bagus Nggak untuk Diet?

Alpukat adalah buah berlemak yang memiliki tekstur yang halus dan lembut. Buah ini mengandung banyak serat dan kaya vitamin dan mineral.

Vitamin dan mineral dalam alpukat yakni vitamin B, vitamin K, kalium, tembaga, vitamin E, dan vitamin C.

Alpukat adalah buah asli Meksiko dan Amerika Tengah, seperti dilansir medicalnewstoday. Penelitian telah mengaitkan makan alpukat dengan berbagai manfaat kesehatan, seperti penurunan risiko penyakit kardiovaskular.

Buah ini juga sangat mengenyangkan dan mungkin berguna untuk menurunkan berat badan.

Ada banyak jenis alpukat, bervariasi dalam warna, ukuran, dan bentuk. Orang bisa makan alpukat untuk smoothie.

Alpukat biasanya berbentuk buah pir hingga bulat, dan warnanya beragam, mulai dari hijau pucat hingga hampir hitam saat matang sepenuhnya.

Jenis yang paling populer adalah alpukat Hass, yang berbentuk bulat dengan kulit hitam.

Alpukat terdiri dari sekitar 73% air, 15% lemak, 8,5% karbohidrat, sebagian besar serat, dan 2% protein.

Dibandingkan buah-buahan lainnya, alpukat mengandung sangat sedikit gula.

Setengah buah alpukat, atau 100 g, hanya mengandung 0,66 g gula, yang meliputi glukosa, fruktosa, sukrosa, dan galaktosa.

Karbohidrat bersih yang dapat dicerna hanya 1,8 g untuk setiap 100 gram alpukat.

Karena kandungan gulanya yang rendah, mereka memiliki skor indeks glikemik yang sangat rendah.

Serat

Serat menempati sebagian besar kandungan karbohidrat (79%) buah alpukat.

Satu porsi 100 gram alpukat menyediakan 6,7 g serat, yang sangat tinggi, menyediakan 24% dari nilai harian (DV).

Serat makanan merupakan komponen makanan penting dengan banyak manfaat kesehatan.

Dapat mengatur nafsu makan, memberi makan bakteri ramah di usus, dan mengurangi risiko banyak penyakit, termasuk penyakit jantung, stroke, obesitas, diabetes tipe 2, dan depresi.

Alpukat juga mengandung FODMAP (oligo-, di-, monosakarida dan poliol yang dapat difermentasi), yang merupakan karbohidrat rantai pendek yang tidak dapat dicerna oleh sebagian orang.

Tidak semua orang sensitif terhadap FODMAP, tetapi FODMAP dapat menyebabkan gejala pencernaan yang tidak menyenangkan pada orang dengan sindrom iritasi usus besar.

Intinya alpukat mengandung banyak serat dan sedikit gula. Mereka juga mengandung FODMAP, karbohidrat rantai pendek yang dapat menyebabkan gejala pencernaan yang tidak menyenangkan pada beberapa orang.

Lemak

Sebagai sumber yang kaya asam lemak tak jenuh tunggal, alpukat adalah buah yang sangat luar biasa. Ada beberapa jenis lemak makanan.

Asam lemak yang paling melimpah adalah asam oleat, yang juga merupakan komponen utama minyak zaitun.

Penelitian telah mengaitkan asam oleat dengan pengurangan peradangan dan mungkin memiliki efek menguntungkan pada kanker.

Minyak alpukat adalah sumber lemak sehat yang bagus, dan penelitian pada hewan menunjukkan bahwa mereka menawarkan perlindungan terhadap peradangan, penyakit jantung, dan diabetes.

Intinya alpukat kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal, terutama asam oleat. Mereka dapat membantu melindungi dari penyakit jantung, diabetes, dan kanker.

Vitamin dan mineral

Alpukat kaya akan banyak vitamin dan mineral esensial. Beberapa yang paling melimpah meliputi:

-Folat (B9), alpukat mengandung sejumlah besar folat, yang penting untuk fungsi sel normal dan pertumbuhan jaringan, dan sangat penting untuk wanita hamil

-Vitamin K1: Vitamin K1 penting untuk pembekuan darah dan mungkin memiliki manfaat untuk kesehatan tulang.

-Kalium: Ini adalah mineral penting yang bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah dan kesehatan jantung

Alpukat mengandung lebih banyak potasium dibanding pisang.

-Tembaga: alpukat adalah sumber tembaga yang kaya. Elemen jejak ini relatif rendah dalam makanan Barat. Asupan tembaga yang rendah mungkin memiliki efek buruk pada kesehatan jantung.

-Vitamin E: Vitamin ini adalah antioksidan kuat yang sering ditemukan dalam jumlah tinggi dalam makanan nabati berlemak.

-Vitamin B6: Kelompok vitamin terkait ini membantu mengubah makanan menjadi energi.

-Vitamin C: Vitamin C adalah antioksidan yang penting untuk fungsi kekebalan dan kesehatan kulit .

Intinya alpukat kaya akan banyak vitamin dan mineral, seperti vitamin B, vitamin K, vitamin E, vitamin C, kalium, dan tembaga.

Lalu berapa kalori alpukat?

Setengah alpukat sekitar 100 gram mengandung 160 kalori. Jumlah ini bagus nggak untuk yang lagi diet?

Beberapa orang yang mengikuti diet kalori terbatas berpikir bahwa mereka harus menghindari alpukat karena kandungan lemaknya yang tinggi.

Faktanya, menambahkan alpukat ke makanan membuat orang lebih kenyang, atau merasa kenyang, dan mengurangi keinginan untuk makan selama berjam-jam, dibandingkan dengan makanan serupa tanpa alpukat.

Untuk alasan ini, alpukat bisa menjadi tambahan yang bagus untuk diet penurunan berat badan yang efektif.

Alpukat juga sangat tinggi serat, rendah karbohidrat, dan tidak menaikkan kadar gula darah, yang semuanya merupakan khasiat yang menjadikannya makanan ramah untuk diet.

Namun harap diperhatikan baik-baik. Alpukat aman dikonsumsi bagi sebagian besar orang, tetapi dapat menyebabkan masalah pada individu dengan alergi.

Alergi terhadap alpukat jarang terjadi, tetapi individu dengan alergi lateks dapat mengalami reaksi alergi terhadap buah-buahan, seperti alpukat, pisang, atau kiwi. Menurut sebuah penelitian yang lebih tua, ini dikenal sebagai sindrom buah lateks.

Pada sindrom buah lateks, sistem kekebalan menyerang protein buah yang mirip dengan protein penyebab alergi pada lateks.

Hal ini dapat menyebabkan reaksi alergi, termasuk sakit perut, kram perut, sakit kepala, atau gejala yang lebih serius, seperti alergi yang parah.

Jadi yang lagi diet, jangan ragu makan alpukat. Karena meski kalori alpukat lumayan tinggi tapi dapat dapat menahan kamu untuk tidak ngemil karena banyak serat.

Editor : Aron
Sumber : detik